alpukat

pastaDSC03508DSC03489

dua tahun lalu nanam pohon alpukat, beli di kebun ragunan, sudah tumbuh setinggi rumah, tapi belum berbuah.. dan gegara belakangan ini sakit kepala karena anemia, selain kopi dan hati ayam, daku jadi sering beli alpukat.. bosen kan kalu di jus mulu dengan susu? jadi daku sering bikin sambel alpukat, saosnya kraker, sushi, dadar, springroll, alpukat goreng, temen makan udang, salad, pasta, juga granita..

ImageImageImage

alpukat asalnya dari suku aztek yang aslinya ahuakatl [dibaca awakatl, kbbi: avokad, english: avocado, kog daku nulisnya alpukat ya?], artinya testis gitu, jadi alpukat bisa dianggap afrodisiak juga tuh.. *eh?

met malam minggu manteman.. selalu sehat ya..

 

About these ads

51 comments

  1. Aku sUka alpukaaat.. Apalagi kalo di jus ato ditaro di salad gitu. Enyaaaaak..

    1. Buat colek colek kiripik jg enak yaah dibuat saos Guacamole hhhmmm..
      Buat campuran es teler lebih nyam…nyam…:)
      Buat maskeeer trs angannya nyolekin muka trs hihihi

      1. Eh tangannyaaaa… Ko angan sih? Gini nih Wepe, ngga bisa dikoreksi kalau sudah kesubmit, ngga kaya mp ..

      2. iya teh sering bikin saos guacamole, buat colek kraker dan campuran salad.. kalu esteler bosen dimari, apalagi blom lama musim nangka, pake kelapa dan alpukat juga..
        hihihi kog sama ya, daku juga suka maskerin buah, apa aja yang kalu mo pagipagi seblom mandi kupas buah plus maskeran..

      3. Alpokat rada mahal disini itu… sebijinya kadang 90 cent gitu, lha khan mesti banyak2 yah..jadi beli ngga banyak2 buat campuran aja jadinya.

      4. bukannya alpukat makanan umum ya di eropa? sering loh daku temui kalu kesana.. blom pernah beli tapi.. eh mahal ternyata..

      5. Selalu ada itu alpokat, ya itu diaaa.. kalau satunya 1 euro-an khan males aja, soalnya pokatnya juga kecil2 gitu, ngga kaya di Indonesia.

      6. dimari juga mahal teh, kan cuma ada musimnya, ini lagi musim alpukat probolinggo.. sebiji aja bisa 5000an..

    2. apalagi kalu alpukatnya lembut kaya mentega ya.. nagih deh..

      1. saya lihat di lapak buah ada jenis alpukat mentega. Harganya lebih mahal daripada sejawatnya yang lain. Apa sih bedanya?

      2. bedanya ga pahit budokter.. alpukat mentega dari probolinggo lagi panen belakangan ini.. dan kalu dimakan kaya mentega lembut gitu.. ada manisnya.. walupun dikorek sampe ke kulitnya tetep ga pahit..

  2. diah indri · · Reply

    Pernah nekad makan apukat (nah beda lagi tulisannya kan mbak) ga di jus, disendokkin only trus dimasukkin ke kacang iji. Ampuuun pahit… Kali salah pilih buahnya. Sampe ngemut gula pasir, permen buat ngilangin rasa pahitnya hahahahaa

    1. itu alpukatnya pasti matengnya bukan di pohon ya.. pahitnya kerasa sampe diujung langitlangit ga enak tuh.. sering makan asinasin biar hilang pahitnya..

      1. diah indri · ·

        Bener mb pahitnya smpe disitu
        G ketulungan bangetssss
        Ilangnya waktu aq makan permen mentos :D
        Kyknya sih mb buah g mteng pohon soalnya beli

      2. belinya lihat ujungnya jangan hitam.. kalu hitam iya pahit.. ujung tempat dahan dipetiknya alpukat hijau gitu, jangan berubah hitam.. kalu udah gitu udah pahit aja..

      3. diah indri · ·

        Wah, tipsnya berguna nih mbak. Aq suka g ngerti kalau beli alpukat milihnya gmn

  3. Resepnya mana mbak. Bagi2 dong :)

    1. eh resep yang mana? asal gabruk gitu deh..
      guacamole itu saos sambelnya orang mexico, dari garam gula merica lemon irisan cabe seledri parutan bawang putih aduk pake alpukat yang udah dipenyetpenyetin sendok, ini ku aduk pake pasta juga..

      yang goreng tinggal celupin di telur kocok bergaramlada, terus kasih tepung roti dan goreng deh..

      yang salad tinggal potongpotong aja alpukatnya, ato campur dihaluskan dengan sendok dengan mayones..

      yang sambal bisa dicampur kaya dabudabu, potongan tomat, potongan cabe, potongan alpukat, potongan bawang merah, kasih peresan lemon.. aduk rata..

      mo bikin saosnya tinggal blender kaya mo bikin jus, kalu jus tinggal kasih susu ultra coklat ato putih.. kalu saos tinggal kasih cabe, bawang, garam terus blender halus..

      ga ribet kan ya?

      1. Komposisinya alias takarannya piye mbak :(

      2. rahasia memasak itu dengan cinta.. ajaran mamaku tuh.. jadi daku jarang pake takaran, kecuali bikin kue ya.. kue agak ribet kudu ditakar juga dipanggang, apalagi dengan open otang punyaku.. itulah napa daku lebih suka cooking daripada baking.. kalu cooking kita bisa asal gabrukin bumbu.. garam+lada kan bisa dikirakira.. yang lain lain suka hati, sesuai berapa perut yang mo makan.. ini daku sering bikin dua porsi.. dan karena sedang mengurangi garam, ya dikit aja garamnya.. biasanya kalu dua porsi cukup tuh satu alpukat.. lagi musim kan alpukat probolinggo.. dan alpukat ga bisa disimpen lama tuh kalu udah dibuka, harus segera habis..
        ternyata ya alpukat itu kalu dimasak malah pahit.. jadi daku jarangjarang aja ngegoreng juga ngepanggang..

      3. Oh,, oke dech. Boleh dicoba. Mudah2an seenak punya mbak Tinsyam :)

      4. pasti enak deh, kan cuma digabrukin gitu..

  4. enak ngga ya…????

    1. enak dong.. sehat pula..

  5. banyak uler gak tuh di rumah ada pohon alpukatnya?

    1. nah itu dia ada yang bilang banyak ulat, bukan uler.. blom sih lihat ulat.. beberapa ada.. jadi kupukupu..

  6. Reblogged this on JNY's Link and commented:
    Selalu seru lihat masakannya Mbak Tinsyam.. kali ini ALPUKAT yang dieksplor… huaaa!!! mau icippp!!! :9

    1. thank you nita.. semoga bisa dicoba ya..

  7. itu yg ada telor 1/2 mateng kayaknya sedep Mbak…

    1. iya salad tanpa telor rebus ga asik ya.. ini salah ngukur panas deh.. eh nita suka telor setengah mateng ya..

      1. suka telor 1/2 mateng…
        pas msh tinggal di pondok kelapa, kesukaanku makan bubur yang telornya cuma dimatengin pake panasnya bubur.. yummy.. :9

  8. diah indri · · Reply

    Bener mb pahitnya smpe disitu
    G ketulungan bangetssss
    Ilangnya waktu aq makan permen mentos :D
    Kyknya sih mb buah g mteng pohon soalnya beli

    1. biasanya ini belum matang, kalu garukin alpukat jangan sampe ke ijo gelapnya gitu..

  9. waddah waddah… asing banget apukat digituin…. udah saking mblengere dijes deh he he …
    apukat buat ngilangin pusing kah? pusing yg darah tinggi apa darah rendah mbak?
    jadi inget dulu hamil tiap hari makan apukat. kupaksa karena kandungannya bangus buat janin. trus suatu hari aku pussssiiing banget ampe ijin pulang. ternyata memang bisa nurunin tekanan darah kayaknya ( klo ga salah)

    1. kata omwiki: kencing batu, nyeri saraf, pusing, darting, nyeri lambung, saluran nafas bengkak, menstruasi yang ga teratur.. bijinya bisa buat sakit gigi dan kencing manis..
      maren daku blender sama kopi loh.. kopi tubruk [daku ga suka instan] direbus dengan susu kental manis, tunggu dingin, terus blender pake alpukat.. enak pooolll deh..

  10. kemarin bikin jus alpukat pahit juga. Saya kira karena ngeroknya terlalu dekat ke kulit. Mbak Tin, anak yang SD disuruh bikin es mambo alpukat utk market day *ada-ada saja, ibunya yang repot* Ada resep yang spesial gak?

    1. iya terlalu deket ke kulit, jangan sampe kerok ijo gelapnya itu mbak.. kalu blom matang suka gitu pahitnya, paling bagus jangan dibuka kalu blom matang, ilangin pahit taroh sehari dua hari di beras gitu..
      beli alpukat mentega mbak, kalu dikerok ga pahit ijonya, bentuknya lebih panjang, ga bulat, kaya sendok bebek gitu bentuknya, dan kalu digoyanggoyang agak bunyi, lepas gitu bijinya.. itu yang udah matang.. daku langganan di pasar minggu ada tukang buah, suka minta tolong beli yang udah matang dan langsung dimakan gitu..
      kalu bikin esmambo, blender dengan susu kental manis [boleh rasa vanila, coklat, stoberi, original] dengan air, ato susu uht.. dijamin nagih tuh.. esnya jadi lembut.. maren daku bikin granita loh..

  11. Eh bener ya Mba TIn kaloalpukan itu aphrodisiac? Hihihihi.
    Takjub Mba dengan beragamnya jenis masakan dari alpukat.Kirain Alpukat cuman bisa dijus dengan susu aja, Makasih ya Mba. :D

    1. katanya sih hihihi, ngeguling deh.. kayanya bentuk buahnya pun demikian ya..
      kan bosen atuh dijus pake susu dowang..

  12. Di Indonesia tahunya alpukat cuma bisa dijus campur susu dan gula, padahal di negeri orang sono fungsinya malah kayak sayur yah?

    1. dulu di sulawesi di belakang rumah ada pohon alpukat, kalu lagi panen suka disayur juga tuh sama mama, buat campuran capcai, kangkung, tinggal potongpotong sih.. malah suka dimakan dengan nasi goreng ato mie goreng.. enak loh..

      1. hmmm, aneh nggak? kan teksturnya creamy gitu ya?

      2. ya ga aneh kaya rasanya kaya creamy mentega, juga susu.. kapankapan kalu bikin nasgor dan ada alpukat, potongpotong deh, cobain.. enak pooll..

  13. pingkanrizkiarto · · Reply

    kemaren barusan dapet alpukat madu dari temen di Bandung, wueeeh syeddaaaap beneeer…. :D

    1. wah lama ga makan alpukat madu.. diapain?

  14. kalo nanem alpukat ngeri setiap mau berbuah mesti banyak ulatnya dulu mbak
    itu kulit springroll yang bening gitu beli dimana ya ?

    1. udah siap sama uletnya nih.. dulu juga di belakang rumah banyak ulet, biasanya banyak kupukupu dan udah waktunya berbunga..
      springrollnya dikasih nyonya batak yang cantik dan namanya ga boleh disebut deh.. [ntar springrollnya diminta balik loh :D]
      daku blom ketemu springroll dimari, konon katanya dikasih temennya dari vietnam.. tapi sepupu daku bilang ada di toko korea deket empire, blom mampir situ sih.. juga toko jepang..

  15. Itu yang gambar nomor 3 spring roll ya? kayaknya enak deh mbak.. *ngiler*

    1. iya springroll, dadar beras yang dikasih air dulu deh biar lemes.. isinya sukasuka deh..

  16. slalu bikin ngiler deh masakan-masakan mba tin ini ….pengen :-D

    1. bikin dong chie, gampang kog.. daku ga suka lama di dapur.. ini cepet bikinnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 325 other followers

%d bloggers like this: