alpukat

pastaDSC03508DSC03489

dua tahun lalu nanam pohon alpukat, beli di kebun ragunan, sudah tumbuh setinggi rumah, tapi belum berbuah.. dan gegara belakangan ini sakit kepala karena anemia, selain kopi dan hati ayam, daku jadi sering beli alpukat.. bosen kan kalu di jus mulu dengan susu? jadi daku sering bikin sambel alpukat, saosnya kraker, sushi, dadar, springroll, alpukat goreng, temen makan udang, salad, pasta, juga granita..

ImageImageImage

alpukat asalnya dari suku aztek yang aslinya ahuakatl [dibaca awakatl, kbbi: avokad, english: avocado, kog daku nulisnya alpukat ya?], artinya testis gitu, jadi alpukat bisa dianggap afrodisiak juga tuh.. *eh?

met malam minggu manteman.. selalu sehat ya..

 

About these ads

51 responses

  1. Pernah nekad makan apukat (nah beda lagi tulisannya kan mbak) ga di jus, disendokkin only trus dimasukkin ke kacang iji. Ampuuun pahit… Kali salah pilih buahnya. Sampe ngemut gula pasir, permen buat ngilangin rasa pahitnya hahahahaa

    • eh resep yang mana? asal gabruk gitu deh..
      guacamole itu saos sambelnya orang mexico, dari garam gula merica lemon irisan cabe seledri parutan bawang putih aduk pake alpukat yang udah dipenyetpenyetin sendok, ini ku aduk pake pasta juga..

      yang goreng tinggal celupin di telur kocok bergaramlada, terus kasih tepung roti dan goreng deh..

      yang salad tinggal potongpotong aja alpukatnya, ato campur dihaluskan dengan sendok dengan mayones..

      yang sambal bisa dicampur kaya dabudabu, potongan tomat, potongan cabe, potongan alpukat, potongan bawang merah, kasih peresan lemon.. aduk rata..

      mo bikin saosnya tinggal blender kaya mo bikin jus, kalu jus tinggal kasih susu ultra coklat ato putih.. kalu saos tinggal kasih cabe, bawang, garam terus blender halus..

      ga ribet kan ya?

      • rahasia memasak itu dengan cinta.. ajaran mamaku tuh.. jadi daku jarang pake takaran, kecuali bikin kue ya.. kue agak ribet kudu ditakar juga dipanggang, apalagi dengan open otang punyaku.. itulah napa daku lebih suka cooking daripada baking.. kalu cooking kita bisa asal gabrukin bumbu.. garam+lada kan bisa dikirakira.. yang lain lain suka hati, sesuai berapa perut yang mo makan.. ini daku sering bikin dua porsi.. dan karena sedang mengurangi garam, ya dikit aja garamnya.. biasanya kalu dua porsi cukup tuh satu alpukat.. lagi musim kan alpukat probolinggo.. dan alpukat ga bisa disimpen lama tuh kalu udah dibuka, harus segera habis..
        ternyata ya alpukat itu kalu dimasak malah pahit.. jadi daku jarangjarang aja ngegoreng juga ngepanggang..

  2. Bener mb pahitnya smpe disitu
    G ketulungan bangetssss
    Ilangnya waktu aq makan permen mentos :D
    Kyknya sih mb buah g mteng pohon soalnya beli

  3. waddah waddah… asing banget apukat digituin…. udah saking mblengere dijes deh he he …
    apukat buat ngilangin pusing kah? pusing yg darah tinggi apa darah rendah mbak?
    jadi inget dulu hamil tiap hari makan apukat. kupaksa karena kandungannya bangus buat janin. trus suatu hari aku pussssiiing banget ampe ijin pulang. ternyata memang bisa nurunin tekanan darah kayaknya ( klo ga salah)

    • kata omwiki: kencing batu, nyeri saraf, pusing, darting, nyeri lambung, saluran nafas bengkak, menstruasi yang ga teratur.. bijinya bisa buat sakit gigi dan kencing manis..
      maren daku blender sama kopi loh.. kopi tubruk [daku ga suka instan] direbus dengan susu kental manis, tunggu dingin, terus blender pake alpukat.. enak pooolll deh..

    • iya terlalu deket ke kulit, jangan sampe kerok ijo gelapnya itu mbak.. kalu blom matang suka gitu pahitnya, paling bagus jangan dibuka kalu blom matang, ilangin pahit taroh sehari dua hari di beras gitu..
      beli alpukat mentega mbak, kalu dikerok ga pahit ijonya, bentuknya lebih panjang, ga bulat, kaya sendok bebek gitu bentuknya, dan kalu digoyanggoyang agak bunyi, lepas gitu bijinya.. itu yang udah matang.. daku langganan di pasar minggu ada tukang buah, suka minta tolong beli yang udah matang dan langsung dimakan gitu..
      kalu bikin esmambo, blender dengan susu kental manis [boleh rasa vanila, coklat, stoberi, original] dengan air, ato susu uht.. dijamin nagih tuh.. esnya jadi lembut.. maren daku bikin granita loh..

    • udah siap sama uletnya nih.. dulu juga di belakang rumah banyak ulet, biasanya banyak kupukupu dan udah waktunya berbunga..
      springrollnya dikasih nyonya batak yang cantik dan namanya ga boleh disebut deh.. [ntar springrollnya diminta balik loh :D]
      daku blom ketemu springroll dimari, konon katanya dikasih temennya dari vietnam.. tapi sepupu daku bilang ada di toko korea deket empire, blom mampir situ sih.. juga toko jepang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s