kaya telur ayam?

gegara atul-nya tehdewi ga mo solat, jadi inget cerita josh nih soal datang bulan.. dan daku sekeluarga sebisa mungkin menjelaskan dengan bahasa anak-anak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar tentunya.. untuk penis ya penis, bukan titit.. untuk payudara ya payudara, bukan tetet.. untuk vagina ya vagina, bukan pepe ato tutut..

(“,)~

satu hari josh bertanya, “kenapa mbakdarin tidak solat?”..

“mbakdarin sedang datang bulan”..

[sambil lihat langit sore mencari bulan] “bulan datengin mbakdarin? tante ngarang ah!”..

“bukan, maksudnya datang bulan itu menstruasi”..

“menstruasi itu apa tante?”..

“mentruasi itu saat perempuan membuang sel telur”..

“sel telur? perempuan punya telur? kaya telur ayam? tante punya telur juga? mama? opung? aju? bou?”..

“begini ya.. [ambil buku gambar dan pencil, gambar huruf T dengan ujung lengan kiri kanan dibuletin] ini dalamnya perempuan, diujung dua ini ada sel telur untuk nanti perempuan akan hamil kalau terjadi pembuahan, dan sel telur ini bisa bikin adik bayi, dulu mama josh juga sel telurnya berbuah jadi josh.. kalau tidak berbuah, maka sel telur ini terbuang lewat vagina, namanya menstruasi.. atau darah kotor.. itulah kenapa mbakdarin memakai softex”..

“oohh mmhh [angguk angguk pala entah ngerti entah bingung] gitu ya.. josh mau punya istri saja deh”..

“josh masih 6 tahun.. kenapa mau punya istri?”..

“biar tahu gimana buangin sel telur.. kasian ya adik josh dibuang terus sama mama”..

“eh?!”..

 

Advertisements

41 comments

  1. heeeeei.. aku jg namanya atul *OOT* ๐Ÿ˜€

    1. nah katanya dipanggil siti? kog jadi atul juga?

      1. hahahaa.. aku punya banyak nick name,butin ๐Ÿ˜€

      2. siti rabiyatul adawiyah.. *eh udah bener blom namanya?
        ada siti, ada rabi, ada iya, ada atul, ada yayah, ada raya.. asal bukan dipanggil teyul..

      3. huwakakakakakakakak,,,
        teyuuul?
        “e” itu d ganti “u” udah kayak anak jin maknanya ๐Ÿ˜†

      4. itu teyul dari maren ga jadijadi dimasak deh sama ibukdije apa buliktije ya? [caricari m.arie & m.niez kemana pada?]

        ehiya daku pengen banget punya tuyul loh.. kog banyak aja yang hilang di kantor belakangan ini, jadi pengen piara gendruwonya tuyul..

    2. Hahaha……. tante keduluan yang punya nama ๐Ÿ˜€

      Atul oh Atul……….

      1. bunda juuuuuliiiiiii…

      2. eh kog bisa m.julie dipanggil atul sih?

  2. Hahaha… memang kudu sabar ngejelasinnya. Sulit memang kalo gak ilmiah, bakal dikejar terus sesuai logika berpikir anak-anak.

    1. iya harus sabar.. paling tidak berusaha dijelaskan deh.. ga bikin penasaran dengan kalimat “nanti kalu udah gede pasti ngerti”..

  3. Keren iki… aku bakal gelagepan kalo musti jelasin hal ginian…

  4. hahaha…. waktu ngejelasin sama Atul, saya mah belum sedetil ini mbak Tintin.
    Tapi emang anak kecil itu kadang cara berpikirnya bikin kita tertawa.

    Disini kls 4 sudah diajarkan anatomi tubuh manusia, juga tentang menstruasi dll deh, soalnya tau sendiri khan mbak, disini mah begitu anak sudah menstruasi, dibawalah ke dokter kandungan buat dapatin resep pil KB ๐Ÿ˜ฆ

    1. eh dikasih resep pil kb? karena sex bebas disana ya teh..
      itu ponakan daku di belanda pernah cerita tuh curhat tepatnya kalu sudah begituan diumur 13 tahun sama pacarnya.. dan mamanya cuek.. apalagi kalu berantem sama pacar.. dan mereka tadinya cobacoba jadinya eh “nagih”?
      beda kali ya kalu disana ma disini.. tapi ponakan ga pernah cerita tuh kalu dikasih pil kb sama dokter.. apa jerman dowang ya?

      1. Sebetulnya ini anjuran pemerentah Jerman sinih nih Mbak Tintin… anak2 gadis yg sudah mens itu biasanya ngobrol sama dokter kandungan ttg sex yg aman..hadoooooooooh..pusing daaahh ๐Ÿ˜ฆ
        saya aja belum pernah ko ngajak Viera ke dokter kandungan, saya sama suami ya menekankan saja ajaran agama kita, berusaha selalu mengingatkan dia, khan dia udah punya pacar kakak kelasnya.
        Anak cowoknya ditatar dulu begitu tau mereka pacaran, ngobrol sama papahnya Viera… saya sama Vieranya. Mudah2an saja dia menghormati.
        Saya bilang..kamu boleh berpikiran kami kuno atau apalah..but ini lah kami, bitte kamu harus menghormati apa yg telah menjadi aturan kami.

        duuhh ..mana ada 2 gadis lagi nih, berat juga tugas kami teh nih mbak Tintin..mohon doanya yaahh…

      2. kebayang deh obrolan tehdewi dengan anak2 gadis.. tiga pula.. daku aja diajak obrol para dogol udah pusing.. tapi mikir juga daripada mereka obrol sama orang lain yang ga jelas toh?
        lebaran berapa tahun lalu ada satu dogol yang sekolah di jogya, dengan bangga cerita udah “gituan” sama pacarnya.. babe dan mamaku yang mbahnya sampe shock dengerin tuh.. masa dia bilang udah pegang ini dan itu? mamanya yang sepupu daku cuma ketawa dowang, ketawa setres.. parah ga sih? sekarang sudah sma tuh dogol.. udah lebih “dewasa” dan ga macammacam lagi.. [mogamoga ya]

      3. Berarti mau tinggal dimana saja sama saja ya mbak Tintin…. ya moga-moga saja Allah selalu melindungi anak-anak kita dimana saja berada…. begitu keluar rumah, kita cuma bisa berdoa semoga mereka tetep lurus.. tetep baik..tetep jaga baik nama keluarga…aamiin.

        Kirain di Indo mah ngga mbak Tintin ๐Ÿ˜€

      4. iya kitanya yang kudu aware ga bisa cuek..

  5. dijelaskan dengan tepat bingung
    gak dijelasin dengan tepat juga makin bingung..hehe

    sampai sekarang aku belum bisa menjelaskan apa itu menstruasi ke adikku..
    padahal adikku perempuan, hehe
    dia cuma bilang kalau udah besar nanti bisa berdarah..
    *pendarahan kali yaa.. haha

    1. nah adikmu umur berapa?
      setidaknya jangan kasih jawaban menyesatkan.. paling tidak mereka mau kan bertanya dan tidak malu sama keluarga, jangan bertanya sama temen mereka yang samasama ga tahu toh? kalupun ada yang tahu malah menyesatkan..

      1. hehe, adik saya mah masih kecil mbak tin..
        iya, sedang menyusun kata-kata yang tepat, mungkn lebih bagusnya langsung yang ilmiahnya seperti yang teh Wie bilang. kebetulan saya punya ensiklopedi anatomi yang buat anak sd.

        tapi, lebih bingung lagi saat kami menonton berita di tv, atau baca koran.. “mama, itu diperkosa apaan sih?”

        hadeeeuuuh..

    1. rana mau berbagi kisah gimana dapat mens pertama?
      kayanya pernah kapan ada lomba kisah gini deh..

  6. lucu tenan. josh cerdass.

    1. anak yang banyak tanya anak yang cerdas kan.. diarahkan saja..

  7. hahahahaaaaa…..

    1. sehatsehat bumil? blom sempat mampir ke blogspot indri nih..

  8. hahhaaaaaaaaaaaaaaaaaa………….
    *yisha ngga kenal ,,,,…..titit, pepe, dll…….

    1. kenalnya apa dong?

      1. hahah yisha kan masih kecil mba…

        hahahha

        ๐Ÿ˜›

  9. bunda juuuuuliiiiiiiโ€ฆ

    Apa nak Atul?

  10. bwahahah… Josh..josh..

    1. nah della & seno ada cerita gini ga?

      1. waktu kecil ada hehehe

      2. nah lumayan disharing tuh pengalamannya..

      3. udah pernah deh di MP, kan kebanyakan crita2 Seno & della waktu kecil

  11. whahaha…..
    anak2 wis cerdas2 gitu…
    ada anak temenku juga malah bilang “besok dede keluarnya dari mana”

    1. dari jempol?

  12. eh kog bisa m.julie dipanggil atul sih?

    Ah siapa bilang saya dipanggil Atul? Bekatul mungkin……….

    1. *grin.. masih diminum itu bekatul mbak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: