bah!

ga bosen gitu baca postingan segala bah! bah, banjir, jir.. sungguh daku bosen.. bah a.k.a banjir dan daku udah kaya sohib karib.. daku udah lama berdamai dengan banjir.. udah ga bisa misuhmisuhin banjir.. malah ya welcome deh banjir.. banyak hikmah yang daku dapat sejak kenal banjir..

daku kenal banjir sejak esde [apa teka ya] di gorontalo..Β banjir bikin daku makan kepiting bakar, sebab selama banjir, kaum kepiting manjat pohon kelapa, jadi gampang ambilnya [pake tangan loh ambilnya, jadi belajar trik ambil kepiting].. banjir bikin daku kenal dunia waria [pembantu daku waria ternyata dan rajin dandanin daku & adik dengan lipstik dari permen itu].. banjir bikin daku jadi kenal tetangga, padahal selama ini cuma buang muka kalu ketemuan, resiko hidup di jabodetabek.. banjir bikin daku tahu book crossing.. banjir pun bikin daku ga pengen koleksi buku.. banjir bikin daku lebih membumi.. banjir bikin daku jadi pemulung.. banjir bikin daku ga pengen pindah.. *eh?

jaman kuliah tahun 80an, daku blom kenal banjir di jkt.. begitupun waktu kuliah daku pindah ke depok.. eh begitu beli rumah di bekasi yang dipromo bebas banjir tahun 90an, malah kebanjiran.. blash!

banjir pertama kali 97 kayanya, pulang malam mingguan jam 12an langsung naik keatas bobo, bangun bobo terus mandi, dan begitu turun, eh kog sendal daku melayang? wuih air bah masuk sekaki aja gitu.. langsung buka pintu depan, tetangga sibuk sanasini.. daku ajak masuk tetangga sebelah yang baru lahiran bayi.. inep deh diatas.. dan rumah daku jadi dapur umum, karena rumah lain kerendem sebetis-sepaha-sepinggang, rumah daku satusatunya yang bertingkat deh saat itu di jalan itu [sekarang udah banyak yang berlantai satu]..

2002, daku lagi di batam.. begitu pulang, banyak lumpur yang mulai mengering.. huhuhu air masuk sebetis aja.. kasur-kompor 5 tungku-kulkas sih selamat setelah dielap, tapi rak buku kelelep seperlimanya.. jadi buku paling bawah tinggal buang deh..

2005, datang bahnya pagi, daku berangkat ngajar, dan disms tetangga kalu bah datang, huuaahh ngajar ga konsen.. pulang ngajar di salemba, berusaha pulang ke bekasi, berjuang jalan kaki dari pondok gede, sampe rumah sore.. dan banjir udah sepaha aja gitu.. kasur tinggal jemur, kompor & kulkas masih selamat.. buku tenggelam sepertiganya.. buang lagi dah buku 4 dinding itu.. pindahin sisanya ke lantai atas..Β 

2007, banjir sepinggang sodaraaaaaa! dan daku lagi bobo diatas, bobo nyenyak aja ga tahu kalu tetangga daku sibuk gedorgedorin pintu.. kasur-kompor-kulkas udah daku sumbangin saja.. lemari daku lemari tahan banting, yang tinggal dielap-elap itu.. paling bete bagian ngepelin lumpur, bisa dua-tiga hari butuh ngepel dengan karbol, juga elap-elap dinding pake sapu dan sabut.. dan daku menikmatinya.. cape gempor tapi kog asik ya..

nah, banjir sekarang?

makan ketan aja yuk, yang cuma dikukus terus kasih parutan kelapa plus garam.. cape mikirnya..Β 

Image

Advertisements

57 comments

  1. hahaha 2013 sekarang malah reportase banjir di depan HI aja, mba. pdhl bude pakde ku bilang icon HI itu jakarta buangeed dah, dulu sesuatu yg prestise banget mejeng disana, skrg … jadi lautann susu coklat :d

    1. iya lihat foto di media asing tentang jkt banjir maren itu kerenkeren deh.. kapan lagi ya jadi kolam susu coklat..

  2. waduh! sepinggang?? huwaaa.. ga bisa bayangin
    moga cepat surut banjir jakarta-nya ya, mba tin..

    1. maren waktu baca whatsap m.intan udah waswas aja kalu banjirnya seleher..
      baca koran jadi ngakak loh waktu ada bule bilang orang kalu omong banjir kan sesenti, seduasenti gitu, eh dikita kog sebetis, sepaha, sepinggang, seleher, blom sekuping..

      1. haha. saya juga baca tweet ttg itu. cuma di indonesia banjir diukur selutut dsb πŸ˜€

      2. bulenya setres tuh, kan badan kita beda sama mereka, jadi sepinggang di kita bisa sepaha di bule..

  3. Semoga banjir segera berlalu..supaya bisa makan ketan lagi 😦

    1. ini 3 hari ini sarapan ketan.. request satu sodara.. pertama pake abon ikan, kedua pake serundeng, ketiga pake kuah duren.. mantap dah..

  4. Mbak Tin tinggal di mana emang? Sekarang nggak kena banjir kan?

    1. sekarang di pejaten, ga kena banjir..

  5. Kami juga sempat terkena banjir berapa kali. Alhamdulillah buku semua selamat. Itu yang paling dulu terselamatkan hehe. Tahun ini juga bikin ketar-ketir, sempat masuk dapur, tapi untung langsung surut.

    1. omnduut banjir dimana?
      kalu ada yang tanya apa yang duluan diselamatkan saat banjir ato kebakaran? daku udah lari ambil suratsurat dokumen deh.. buku mah cuekin saja, baju apalagi, ga mikir deh..

  6. Banjir memang nyusahin. Tahun 2002 keluargaku pas pulang pindahan dari Belgia, terpaksa dari Cengkareng naik Damri menuju ke Bogor soalnya banjir melanda tol, gimana lagi coba?! Eh, sepupuku kehilangan ijazah dan berkas-berkas pentingnya, gara-gara masing-masing sibuk nyelametin kamarnya sendiri-sendiri, sementara dia lagi tugas di Beijing haduh!!! Pada lupa tuh orang serumah sama kamarnya padahal tibang sebelah menyebelah doang gitu lho.

    Bagi sini dong ketannya, kayaknya gurih dan ngenyangin tuh.

    1. yang kasian mama bawa mbahuti tuh sama sopir dan satu adik, pas di jalan tol dari brebes mo ke rangkasbitung, dan ga sempat mampir ke bekasi, daku tidur saat itu.. pagipagi udah banjir.. dan inget kalu mama anterin mbahuti.. di jalan tolnya seharian, jalan tolnya kebanjiran, keluar tol merak itu.. untung banyak makanan di mobil, mo pipis aja di botol & tempat sampah yang ditaroh di mobil, nanti sama sopir dibuang keluar dan cuci dengan air banjir..
      babe daku lagi di brebes sampe sms mulu tuh mbak seharian.. pegel deh sama setres.. rumah daku banjir.. mama & mbahuti di jalan tol kebanjiran.. ada tuh 36jam di mobil ga bisa kemanamana.. mobil terjebak.. mo mundur udah keduluan banjir..
      ada rumah sodara yang banjirnya semata kaki di lantai satu.. jadi lantai bawahnya kelelep sudah.. habis semua..
      hari ini ketan durian mbak.. πŸ˜€

  7. rumahnya ga kena banjir kan tapi?

    1. inshaallah ga ya.. cape bersihin lumpurnya sungguh..

  8. Mbak Tintin, saya mah seumur2 belum pernah kebagian banjir, khan tinggalnya selalu di Bandung yg ngga kebagian banjir..alhamdulillah.
    Mudah2an yang kena musibah, diberi berlapis-lapis kesabaran, dan semoga banjirnya lekas surut..diberikan selalu kesehatan…aamiin

    1. ada loh tante daku di bandung yang kebanjiran..
      amin teh, semua pasti sudah pada siapin modal sabar..
      yang penting juga jaga kesehatan..

  9. hehehe jg capek mikirin banjir ah mba, kasihan masih banyak korban soale, larass juga masuk sebetis, depan sepaha aku tp masih alhamdulillah yah dibanding yg didekat giant tuh, tanggul jebol alhasil air meluap ke rumah2 kontrakan…duh mirirs sekali tadi lihat kesana 😦

    1. iya udah lihat di tipi.. sampe keatap gitu.. sedih ingetnya.. belom kalu ga banyak yang bisa diselametin.. juga bersihinnya.. lahir batin deh banjir itu..

  10. eh typo, maksudnya mau nulis jangan capek mikirin banjir πŸ˜€

    1. capek dong.. jadinya ga pengen mikirin banjir.. nikmati sajalah..

  11. Bagi ketannya dong Mbak :9

    1. sini dong nita.. adanya saos durian temen ketannya sekarang.. πŸ˜€

  12. awalnya kepiting bakar, eh… kok dessertnya ketan sih? padahal sudah ngiler-ngiler ngebayangin kepitingnya loh aku…

    1. hihihi intinya tetep makan gitu..

  13. Sudah surut blm mbak banjirnya

    Ketan plg enak pake kinco πŸ˜€
    Dan hanya pake kinco aq doyan makan ketan hehehhe

    1. kinco = kinca, kolak duren kan? ini ketan sarapan hari ini makan pake kolak duren loh.. habis juga.. ga sempet motomiti..
      alhamdullillah ada matahari, udah surut nih..

      1. Buat saya mah ketan paling enak dimakan dengan kelapa parut doang.

      2. jadi pengen bikin ketan lagi nih..

      3. diah indri · ·

        wah bukan mbak, kinco yang gula merah dilelehin itu lho mbak

      4. kinca kalu di rumah kolak duren.. ternyata ini sirop gula merah maksud.. kog jadi ingetnya lupis ya..

      5. diah indri · ·

        nah lupis enak bgt tuh mbak dimakan pake kelapa sama kinco πŸ˜€

      6. udaaaahhh, tapi pagipagi udah kukus ketan dan pake gula merah, ga ada kelapa parut.. πŸ˜€
        ribet mo bikin lupisnya..

      7. diah indri · ·

        hahaha jadi ketan kinco deh πŸ˜€

  14. Jadi inget foto koleksi buku mbk Tintin yg saklemari guede dan tinggi itu (lupa itu di rumah yg mana ya) wah kebayang sedihnya hrs buang koleksi buku 😦

    1. daku sedih bentar tapi abis itu marah.. coba ada yang baca gitu.. akhirnya jadi malas aja koleksi buku lagi.. abis baca ya kasih sapa deh yang mo baca.. marah bener sama banjir..

  15. bener2 dah sobat karib deh kayaknya…
    adduh mbak, ga bisa ngebayanginnya. insyallah saya nggak mau kena banjir ( ih sapa juga yg mau).. syukurlah nggak pernah sama sekali seingatku. pernah ngecembeng dikit max 5 cm di garasi waktu di sby…
    klo dah jadi langganan banjir gtu, mending beli perabotnya yg ala kadar aja yah…

    1. sekarang sih ga kebanjiran, tapi rumah bekasi masih kebanjiran juga tuh.. cuma males aja ngepelnya.. biarin kering aja deh..
      iya beli perabotan yang anti banjir deh..

      1. pearbot anti banjir kaya apa yah? yang berbahan plstik gitu kali yah?

      2. kaya kayu jati.. kebanyak jati di rumah deh.. tempat tidur, lemari, meja kursi semua jati, termasuk kusen dan pintu.. awet deh tinggal elap-elap.. males jemur pun, kan berat.. kasur tinggal angkat toh.. bukubuku udah ku taroh diatas.. pecah belah gapapa kena banjir.. yang ku lupa taroh mixer, cooker, toaster dibawah, jadi banjir dah ga bisa dipake lagi.. huhuhu..

      3. iya sih jati emang awet. tapi isinya yg tetep ribet harus diangkat. bersyukurlah yg pny daerah aman dr banjir… kayae hrs ada budget thnan buat jaga2 bginian.

  16. mbak tin liat banjir sambil maem ketan….
    ketan enak kalo pake kelapa parut ama gula halus

    1. lidah daku lebih asin dibanding manis deh.. lebih suka pake garem daripada gula.. lain lain ya selera..

      1. Saya asli jogja mbak….
        Makanan jogja kan kebanyakan manis, jadi lidah juga terbiasa manis.

      2. pernah tuh makan gudeg, sampe daku bilang ini gudeg apa kolak nangka ya.. manis banget..

      3. makasih mbak tin….
        cewek jogja emang manis…
        *eh…?*

  17. WAhhh…

    Kayaknya kLiatan Lezat tuchhh, apa nama makananya sobb..??

  18. felis catus · · Reply

    Banjir itu memang bagian paling nyebelinnya ngebersihin lumpur dan sampah yg masuk. Waktu kecil, pernah banjir malem banget (di daerah rmh ortu, drainase air hujan jelek emang, kl hujan lama, air suka masuk rumah, 1-2 cm, tp 1/2 jam – 1jam udah surut lagi) kebangun krn kucing ribut banget, turun ke bawah, ternyata si kucing lagi terjebak di kursi, lantai sdh tergenang. Hehehe, sdh terlanjur air masuk dan basah, ambil kucing, bangunin ortu, naik lagi ke lantai atas, terusin tidur.

    1. hihihi santai banget ya.. ambil kucing, bangunin ortu, naik keatas dan lanjutin bobo..
      waktu banjir di bekasi juga daku cuek aja tuh, malah goreng pisang dan bagibagi tetangga, banjir ditonton saja, tunggu surut baru baberes..
      sayang ga ada yang bantuin.. tapi happy juga ngepel sendirian walupun cape.. mana bolakbalik ambil air ke blok depan.. kan lampu mati dan ga ada air bersih.. untung ujan dan tanki air diatas daku buka aja, nampung air dengan banyak ember.. mayan buat mandi..

  19. wah ternyata mba tin akrab dengan banjir yah…

    1. emang baru tahu? di empi sering daku cerita deh soal banjir.. sampe hapal.. πŸ˜€
      jadi sekarang cuek aja sama banjir mah, males ngepelnya..

      1. hahaha.. mba tin nanti saya rekomendasikan sebagai Menteri Penanggulangan Banjir aja deh πŸ˜€

      2. hahaha.. *colekcolek jokowi & ahok aja..

  20. bah dari banjir trus nyambung ke ketan enak juga kyanya ya mba heheheh πŸ˜€
    slm kenal mba πŸ™‚
    ditunggu kunjungan baliknya hehehe

    1. bah emang artinya banjir kan ya..
      kangen ketan lagi deh..
      makasih sudah mampir.. nanti berkunjungnya..
      *salaman..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: