nangkalala..

nangka punya nama cantik: artocarpus heterophyllus, dan nama jago: jackfruit.. bersuku moraceae, dan sepupunya sukun & cempedak.. nangka muda suka dibikin sayur gori, gule, jangan gori, gudeg, megono, osengoseng.. bijinya punya nama keren: beton! salah satu sumber karbo juga.. nangka matang seringnya dimakan gitu dowang ato dibikin es, campuran cendol, dan puding..

daku sering makan nangka matang seperti makan sayur, ato colek sambel terasi ato sambal gula merah, ato dikasih kecap asin.. rasanya asik asik gimana gitu.. nanonano.. bosen kan kalu makan nangka matang gitu dowang.. apalagi nangka yang kematengan dan dikolak ato digoreng..

pohon nangka daku kan suka bear fruit aja gitu, panen gila, dan sampe enek ga ada yang mo makan nangka lagi, malah freezer penuh nangka sampe berbulanbulan, ato sampah penuh nangka membusuk.. itu kalu semua sudah kebagian dan sudah ikutan enek juga..

jadi mengolah kangmas jackfruit ini adalah tantangan yang asik.. ternyata ya nangka asik buat campuran apa aja.. puding roti, salad, siomai, soun bolognes, ikan asam manis, nasi goreng, mie ayam, dan betonnya enak dibikin perkedel..

Image

Image

Image

Image

Image

 

(“,)~

gini nih caranya bikin siomai, lebih enak pake kulit pastri deh daripada kulit siomai kalu dipanggang loh, dipanggang agak keras juga alihalih garing.. mending digoreng dan dibentuk ala ravioli dengan isi nangka..

DSC03474
DSC03475

Advertisements

80 comments

  1. Mbak Tin kreatif banget ya…. Saya ngiler nih, saya soalnya penggemar nangka. Paling ngiler sama sosis nangkanya nih…

    1. *lagi kunyahkunyak keripik nangka..

      itu pake sosis lada hitam.. jadi ga perlu saos lagi deh.. udah kaya rasanya..

  2. sumpah kreatif banget deh…
    beton nangka itu memang enak sekaliiii, tapi tetep aja nggak bisa bayangin makan nangka sama kecap asin, sambel terasi atau dicemplungin ke saus bolognese. hahahaha

    1. kecap asinnya dikasih irisan cabe.. pedes asin dan manis nangka gitu, nanonano tapi nagih.. pake sambel terasi juga makannya pake lalapan loh, nangkanya yang bikin manis.. sambel nangka juga enak tuh, buat campuran sambel salsa..
      ini ga sengaja yang digabrukin saus bolognes, ponakan tuh yang langsung minta diirisin nangka terus gabruk aja gitu, eh enak juga..

  3. diah indri · · Reply

    aaaahhhhgghhhhh mbak tiiiiiiiin >_<

    1. iya indriiiiiiii.. foto hedsotnya keren oi pake henna tuh..

      1. diah indri · ·

        aq ndak boleh makan nangka hiks
        katanya phanhaaaassss…
        itu poto pas nikahan mbak 😀

      2. lebih panas duren dibanding nangka sih.. boleh kali kalu sebiji dowang ya..
        cantik deh fotonya, suka deh lihat foto tangan penuh henna..

      3. diah indri · ·

        jadi ngilerrrr hihihi

        itu hena kutemplokin sendiri mbak, bawa dari arab pas mau pulang hehehe

      4. di rumah masih ada henna, suka lukis sendiri juga sih.. sukasuka kita motifnya.. dan lama juga ilangnya, 3 hari aja gitu..

      5. diah indri · ·

        aq kemarin dulu pake stiker mbak

      6. banyak stiker ga? dimari sih banyak buat prakarya gitu..

      7. diah indri · ·

        udah habis mbak 3 taon lalu 😀

      8. ini banyak motif tribal buat latar kartu gitu.. belinya juga di tukang tato.. biasa buat tangan ato kaki ato tato dimana di badan kita, daku malah bikin buat prakarya..

        btw, jadi pindahan ngewipi, ga pake bs lagi?

      9. diah indri · ·

        dibikin prakarya apa tuh mbak?

        masih mbak di bs
        wp nya dibuang juga sayang
        aq dah nyoba bikin pm ke diri sendiri kok g masuk ya mbak -_-

      10. diah indri · ·

        mbak punya resep camilan yg kriuk dan agak tahan beberapa hari? klo malem perutq kruyuk2 mau makan nasi kok aras2en 😀

      11. ga suka buah indri? daku kalu malem laper cuma makan buah ato salad deh.. dan selalu sediakan roti.. bikin roti pizza ato burger bayam aja kalu gitu.. paling gampang.. ga ada 5 menit..
        haduh di komen ga bisa pasang foto ya, ga kaya di empi..

        http://tintin1868.multiply.com/recipes/item/76/pizza-jamur
        http://tintin1868.multiply.com/recipes/item/52/burger-bayam
        http://tintin1868.multiply.com/recipes/item/44/pizza-express
        http://tintin1868.multiply.com/recipes/item/42/roti-gulung

        kalu snak selalu ada biskuit kraker, oreo & marie regal.. tapi jarang laper malam makan snak gini.. paling buat ponakan kalu datang..

      12. diah indri · ·

        aq pengennya yg kraker2 gt tp bikin sendiri mbak hihihi…
        kt temenku g boleh makan jamur ik mbak, panas kek nangka kata dia

      13. aih baru tahu jamur itu panas.. *eh?
        kraker bikin sendiri kaya kukis dong ya.. itu mah ngemil berat oi..

        http://tintin1868.multiply.com/recipes/item/11/oatmeal-kukis
        http://tintin1868.multiply.com/recipes/item/19/havermut-kriuk
        http://tintin1868.multiply.com/recipes/item/78/kastengel
        http://tintin1868.multiply.com/recipes/item/82/1-resep-3-nyonya

        itu kukis garing sampe seminggu duaminggu, tapi 3 hari aja udah habis dah..

      14. stiker tato tribalnya jadi latar gitu di kartu.. keren aja ada latar tribal.. terus kasih kembangkembang ato diapain gitu.. sering posting deh di empi..
        blom nerima tuh pm dimari kaya apa sih..

  4. mbak tinsyam ini ide masakannya aneh2 aja… jd pengen kopdar & icip2 hasil masakannya!!!!!

    1. nita suka apa? dimasakin deh..

      1. terserah mbak tinsyam aja, klo aku request ntar malah standar2 aja… hehehe..
        kopdaran di mana enaknya?? aku anak bekasi barat..

      2. kalu lidah nita ga picky ntar dimasakin deh yang ada di rumah.. kapankapan main aja ke pejaten ya nit.. ajak larass deh..

      3. hoooo, pejaten, enaknya klo aku abis nge-perpus ya??

      4. perpusnya dimana nit?

  5. nabils29 · · Reply

    wah, kakak kreatif.. satu buah bernama nangka dapat diolah jadi berbagai macam masakan lezat yang menggoda lidah.. sebelum aku tahu ini, aku tahunya nangka cuma dibuat buah sj ka.. thanks ka .. 🙂

    1. blender nangka dan bikin puding.. nyummie banget tuh.. bosen kan kalu dimakan jadi buah dowang..

  6. ngilerrrr…

    1. btw, nate kebanjiran?

      1. iya dong.. #bangga .
        butuh asupan makanan enak nih. 😀
        klo disitu banjir?

      2. banjir dong.. sedengkul pun.. orang jkt ga kebanjiran ga asik lah.. *jah yang bangga jadi orang jkt, padahal lahir dimana..

  7. yang kedua dari terakhir itu siomay ya mba? kok bisa sih bentuknya berdiri sempurna gitu? huhuhu.. Si Bubu suka nangka ga yaa.. coba ah kapan2 beliin.. ^^

    1. iya pake kulit siomai, biar berdiri gitu pake cetakan muffin, isinya campuran apel & nangka..
      lah disana ada kan nangka kaleng? *pernah beli dan ga enak deh..

      1. ada yang kalengan. tapi belum pernah nyoba.. yah ga enak yaa? kadang ada sih yang nangka buah gt.. tapi kadang2 aja.. 😦

        gorengnya biar bentuknya manis diapain mba?

      2. ga enak beneran deh nangka kalengan itu, manis aja air gulanya, rasanya nangkanya ilang..
        itu dipanggang dengan kulit siomai.. mmhh ga rekomen deh ternyata kulit siomai dipanggang.. enakan direbus dan digoreng.. keras aja boh kalu dipanggang, bukannya garing kaya kerupuk gitu.. tapi abis aja tuh siomai apel nangka..
        caranya ku upload ya.. ntar mo coba pake kulit pastri deh.. keren kan bentuknya.. bisa buat snak.. sering bikin pake dough bikinan sendiri, dan diisi daging gitu, terus panggang.. banyak yang bilang digoreng, padahal daku panggang, kalu digoreng ga bisa terbuka gitu kan bentuknya? dan ga bisa “duduk”, kecuali digoreng pake mangkoknya kali ya, blom pernah nyoba..

      3. ahaaa.. pantesan.. iya kalo di goreng tuh suka jadi berubah gitu bentuknya kan mba.. Baru pernah nyoba bikin crab rangoon aja sih.. dan selalu ancur jadinya.. hihihihi..

        asik asik.. mau caranya.. kali2 aja bisa dicoba kapan2.. ^^ maaciiih

      4. biar ga ancur dibentuk kembang ato topi ala ravioli gitu be kalu kulit siomai mah, bentuknya cantik deh.. kog jadi pengen ravioli ya..

        seeeppp.. daku jadi belajar kalu kulit siomai ga cocok dipanggang..

  8. penasaran sama siomaynya

    1. ku upload caranya deh..

      1. itu isinya nangka doank apa dicampur daging jg?

      2. itu kaya isi apple pie deh.. satu apel & 10 nangka dipotong dadu, kasih peresan jeruk, gula, masak dengan air 1/4cangkir dan kasih 1/2 sdt tepung jagung juga 1 sdt kayu manis bubuk..
        tadinya ini bikin buat tantangan cinnamon-nya bebe&ridha itu, ehtapi ternyata siomainya kalu dipanggang keras aja gitu..

        blom pernah nyoba pake isi daging..

  9. Eh baru tau nangka bisa di buat campuran macem macem, apalagi campur siomay rasanya gimana tuh. megono apa sih?

    1. megono itu sayur nangka muda dicincang campur kelapa, makanan khas pekalongan, disawutsawut gitu..

      1. ga bisa bayangin makanannya kayak apa. Apalagi tuh disawutsawut, diambil-ambil gitu ya?

      2. iya digabrukgabruk.. megono itu nangka cincang yang dicampur kelapa dan kacang panjang dengan bumbu.. sarapan asik tuh..

      3. jadi penasaran nyoba nih, xixixi

      4. kalu di jkt, ada nasi megono di tebet.. di mal mal juga banyak kan makanan khas daerah.. di food hall-nya..

  10. keinget Pakdhe DJ

    1. pakdhe dj ngindam nangka.. 😀
      mogamoga ga ngamuk baca postingan nangka..

  11. mbak perkedel nangkanya bikin penasaran. gimana cr buatnya

    1. direbus dulu betonnya sampe empuk, terus ulek dengan bumbu: bawang lada garam, kasih kocokan telur, juga irisan daun seledri, bentuk bulat gepeng, terus goreng.. simpel deh kaya bikin perkedel kentang..

  12. oh jackfruit….. ^__^ *glek*

    1. budokteeeeeeeerrr, masih utang nangka nih.. tapi udah difreezerin tuh..

  13. mba Tin kreatif neh. saya paling cuma bisanya digoreng atau dicampur es kelapa haha….

    1. atha doyan nangka ga?
      gosip WH gimana di DPR?

      1. blm dikasih mba. agak susah ngunyahnya hehe…

        WH di DPRD. di DPR mah ga ada yg kayak gt hahaha….. :p

      2. di jus ato di puding ded, ponakanku suka tuh kalu ku blender tuh nangka terus taroh di gelas, abis juga tuh.. kasih susu blendernya..
        kalu puding juga diblender, tinggal kasih gula, makan dingindingin..

  14. Aduuhhh jadi pengen rambutan ….

  15. Reblogged this on seniorjowo und kommentierte:
    Masih kangen sama *artocarpus heterophyllus* yang matang….ingat wanginya semerbak…o Nangka…….

    1. blom dapat nangka juga pakdhe?

  16. Suka banget sama nangka, tp susah dpt yg seger 😦

    1. lagi musim dimari.. juga musim rambutan dan sirsak pun mangga..

      1. pengen Sirsak deh..

      2. sirsak ga asik dibikin kue.. 😀

  17. menggoda mbakkk….penasaran pengen nyicipin 🙄

    1. di pasar lagi murah meriah tuh..

  18. vitarumanti · · Reply

    Whoaaaaa nyummy kali nampaknya. Kreasi yg cerdas.

    1. ayo vita.. di bogor lagi banyak nangka kan..

  19. ada ide aja nie
    bisa olah apapun jadi makanan yang enak…

    1. dingin asik, panas juga asik nih nangka..

  20. bikin ngiler bikin laper bikin pengen aja nih mba yg satu ini ….
    yang prtma kya semacam prekedel ya mbak ….:-D

    1. iya perkedel beton..

      1. yang ini juga kreatip banget. kyanya bisa dibuat bakpia juga kali.

    1. ayo ikutan bikin..

  21. shock deh. nangka buat shiomay? gile nangka? nangka berteman ama sosis .byuh napa baru dengeer??
    tapi mba Tin bener2 kreatip loh..

  22. karena suka ngerapel pas jalan-jalan jadi ngebayangin mba Tin ini seperti apa orangnya.
    kalo ada rencana kopdaran boleh minta diikutsertakan sebagai peserta ya Mba Tin? 🙂

    1. di jkt kan? ga perlu kopdar dah, temen empi suka tuh mampir ke rumah kalu daku mo bikin apa.. soalnya deketdeket nih.. ato karaokean gitu dan pada minta risol jagung+apel..

  23. lama tak main ke sini. makin banyak postingan tentang makanan. *ngences*

    Mbak Tiiin, apa kabar? *sungkem* Semoga sehat senantiasa yaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: