antara bau gosong & dedemit..

bedinde

makbedunduh, rabu maren soresore sms itu simbak E minta pulang, mo urus cerai sidang kedua yang katanya tinggal ketok palu, jadi harus pulang ke sumedang, padahal baru tiga hari bekerja.. daku ngomel dong, kog dadakdadak, jawabnya karena surat sidangnya juga baru datang ke rumah ortunya.. mmhh baiklah dan berjanji datang lagi jumat sore.. jadi daku bilang tunggu daku pulang dulu, ongkosnya cukup gaji dia 3 hari kerja.. daku tanya ke sumedang naik bus berapa dari kampung rambutan? katanya 40ribu.. jadi malam itu pulanglah dia dengan meninggalkan baju dan berjanji balik jumat sore.. ok, no problemo..

ehya, barusan dong dia sms, “bu, saya kan ga kabur, tapi minta ijin!”.. nah loh apa lagi ini, jadi daku reply, “sapa yang bilang kabur? gimana sidang cerai? jadi ke jkt sore ini?”.. ga dijawab dah sampe sejam.. ternyata daku di sms sama sodara lain yang bedindenya masih satu kampung sama simbak E ini, konon katanya dia ga mo balik, karena ga betah.. ga lama dianya telpon, karena daku kurang pendengaran, jadi daku minta asisten daku sebagai “kuping” daku [kebayang ga sih?].. jadi, kesimpulannya daku kudu cari bedinde F nih.. huh! bete! niat kerja ga sih!

dulu, simbak A udah 3 tahun lebih ikut daku, kerjanya resik, pinter masak, mantan tkw hongkong 8 tahun, tapi sungguh belagu, lagaknya bak nyonya rumah, sok tahu, cerewet, dan sering pergi kalu kerjaan sudah beres untuk urus MLM batu kesehatan.. ga masalah sih kalu kerjaan beres, tapi rumah ditinggal dari jam 10 sampe jam 4 sore ga berpenunggu? kalu ada paket & surat bagemana? sering suratsurat basah keujanan pun paket kudu dijemput kalu ternyata ga ada orang di rumah.. alasannya dia bosan di rumah terus kalu kerjaan udah beres ga bisa ngapangapain, ga berkembang.. halah..

akhirnya, lebaran tahun lalu biasanya libur 2 minggu, eh sampe minggu ke4 simbak A ga nongolnongol, ditelpon ga diangkat [sopan ga sih? udah ga diangkat ga ditelpon balik pula, pun sms ga dibalas] ya wis kita cari simbak B.. datanglah simbak B dari sodaranya bedinde sodara lain [bingung?]..

seminggu simbak B bekerja, eh simbak A nongol, ngomelngomel, kenapa kalu mo ganti bedinde ga lapor ke dia sih? laaaahhhh udah ditelpon disms ga ada kabar sampe sebulan lebih? katanya hapenya hilang.. mbok kalu hilang kan bisa kasih kabar? toh dia punya catatan, 3 tahun lebih bekerja sama kita ga hafal nomor telpon rumah? setelah ambil bajubajunya, pergilah simbak A dengan minta duit pesangon.. sedap kali ya tahu hakhaknya.. itungitungan deh..

ternyata ya simbak B walupun kerjanya rapi bersih tapi lama, ya gapapa yang penting bersih & jujur, ehya punya misua yang posesif.. tiap hari ditelpon & disms.. pantes aja masakan sering gosong cuma gegara kudu terima telpon misua.. dan pernah hapenya masuk mesin cuci, jadi hang dong, misuanya sms daku, sementara pakelah hape daku, sampe akhirnya beli hape baru dengan potong gajinya.. setelah 5 bulan, misuanya datang dari kampung, tapi daku ga bolehin nginep, datang tanpa pemberitahuan, dadakdadak daku pergokin ada di kamar.. waktu daku tanya kapan datang? jawabnya mo jemput istrinya pulang karena anaknya sakit [ditanya apa dijawab apa].. ok, pulanglah mereka dengan daku ongkosin simbak B aja, misuanya ongkos sendiri dong, kog kudu daku yang tanggung ongkosnya juga sih? kalu mereka butuh duit, kenapa kudu misua yang datang? kan telpon bisa? toh mereka telponan saban hari.. dan gimana anaknya butuh obat kalu ga ada yang jaga & bekerja? jawabnya rejeki kan dari atas.. ya monggo..

ga lama datang simbak C dari yang kontrak di sodara.. ehya simbak C ini udah tuwa, perokok, sering batukbatuk.. kerjanya beres, masakannya enak, cuma tiap hari minta duit mulu buat beli rokok.. ya gagapa kan bisa dipotong gaji, cuma kalu merokok ga boleh di dalam rumah, di luar aja, toh halaman luas gitu.. sampe 2 bulan, waktu daku bilang ke dokter dong, masa batuk ga sembuhsembuh? kawatir juga sambil masak batukbatuk, virus ke makanan gitu? udah dikasih duit buat ke dokter eh malah beli rokok lagi.. jadi daku kontak sodara bertanyatanya dia sakit apa? tbc gitu, hellooooooo? akhirnya simbak C bilang mo berobat aja dulu.. pamit sekalian..

ga pake sehari, datang simbak D dari tukang sampah.. ehdodol cuma 2 hari aja dia, dijemput bibinya karena emaknya sakit paruparu..

nah, sebulan lebih ada tanpa bedinde, ya gapapa sih cuma daku ga jadi banci tipi sibuk ngebabu, udah tepar duluan setelah baberes rumah malam hari.. jadi tgl 31 maren diantar sodara lain datanglah simbak E ini.. cantik boh, berusia 21 tahun punya anak 1 berumur 4 tahun, pernah jadi tkw di malaysia.. ya begitulah, 3 hari bekerja malah mo sidang cerai.. mbuh!

baiklah, ngebabu lagi.. semangat mencari simbak F!..

 

demit

belakangan ini ada deh sebulanan ini, kalu pagipagi, sering mencium bau gosong, daku kepikiran sama simbak B yang suka gosongin masakan.. jadi daku tanya tetangga sebelah kanan yang dapurnya persis di belakang kamar simbak.. ternyata tetangga emang ga lagi masak, wong lebih sering beli di warteg.. jadi sapa dong yang gosongin masakan?

kan udah seminggu ini ada paktikno, tukang langganan untuk betulin beberapa kerusakan karena ujan & kudu potong pohon juga pangkas rumput, dan dari paktikno daku tahu soal dedemit.. katanya emang ada demit di rumah sebelah kiri yang emang kosong dari taon lalu.. halah!

ada hubungannya ga sih sering gantiganti bedinde sama demit?

amitamit..

daku percaya ada kaum lain di alam lain yang ga kasat mata, karena daku dibesarkan di rumahrumah dinas yang peninggalan belanda itu, yang konon rumah kaum dedemit juga.. tapi selama ini ga pernah daku digangguin.. ya monggo, kita baikbaik aja ya mit.. *jabat tangan sama dedemit, cariin simbak F dong mit biar betah dan benarbenar niat kerja..

 

helep dong..
daku sedang sakit gigi hampir seminggu ini, ternyata gigi belakang atas ada yang bolong, selama ini gigi daku utuh, jadi nyutnyutan kalu malam tiba, ga bisa bobo nyenyak dah, tambah nyutnyutan mikirin bedinde, beso weekend ngeupikabu lagi.. cucian menggunung.. ada yang bilang kumurkumur air garam, juga kumurkumur rebusan pisang batu, ato kerok aja leher dan kasih koyo cabe.. sebab kalu ke dokter gigi, bayarnya udah setengah jetih aja.. dibayar kantor sih, tapi kog ga rela.. halah.. any idea?

[ini postingan kog panjang aja ya..]

Advertisements

77 comments

  1. Mungkin iya, ada berhubungan tuh antara nggak betahnya pembantu rumah tangga dengan dedemit penghuni lahan kosong di sebelah rumah. Kan kalau dia ditinggal sendirian pastinya pikirannya nglangut, ya masuklah si dedemit. Sangat boleh jadi ini yang bikin pada nggak betah.

    1. padahal ada tipi, ada banyak buku, ada banyak makanan.. kurang apa ya? temen kali ya, apa kudu kerjain dua orang di rumah?
      emang sih kalu diperhatiin [dari obrolan ma sodara juga nih] sejak rumah sebelah kiri kosong, eh pas juga ganti simbak A.. sejak itu gontaganti deh setahunan ini..

    2. Bundaaaa….. Apakabar Bun… I miss u so much… *peluk Bunda Julie

      1. kapankapan mampir bareng ke bogor yuk first..

      2. Hai hallo……! Assalamu’alaikum cantik, saya baru dikemoterapi, jadi badan saya lagi nggak karuan deh rasanya. Apa kabar juga? Semoga sukses ya ngajar TKI nya. Pelukan yuk?!

  2. Demit Berlin lewat……………..gak bau gosong…………..

    1. asik demit berlin jago masak dan plating.. bagi resepnya dong biar demit sebelah ga masak gosonggosong mulu..

  3. hadew kebayang salaman ama dedemit minta cariin simbak gntinya lgi hihihi

    btw banyak macemnya ya dri mulai simbak A smpe simbak B…tapi simbak A uda pengen aq jitak aja mba tin klo krjanya dirmh ku hihihi 😛

    1. sebener daku suka sama simbak A kalu ga belagu.. kerjanya resik dan sangat inisiatif.. kinclong deh rumah.. dan suka ngatur tata letak biar asik.. masakannya juga enak, pernah punya warteg sih katanya..
      seblom simbak A udah kerja belasan tahun sampe dia nikah dan ikut misua.. udah kaya sodara gitu, tapi tahu diri..

  4. Eyaampun Mba Tiiiin.. ini kok postingannya senasib sama diriku. Hari rebo kemaren jam 4 pagi si Teteh ngetok kamar. Kami yabg boasa dibangunin kalo kesiangan ngira udah jam 5.15 eh ternyata lha kok masih 4.15. Dengan tanpa sungkan si Teteh bilang mau pulang. Hari itu. Gak bisa ditunda. Kami melongo. Karena ga mau nahan-nahan si Teteh yang rumahnya di Palembang dan sudah lama ga pulang (karena pilihan sndiri) ya akhirnya kami berdua cuti. Beliin tiket ke Palembang. Eh setelah dibekiin tiket ke Palembang dia baru bilang: “kok bukan ke kampung langsung?” (kampungnya masih nyambung lagi) eh pas ditanya balik naiknya apa, belinya di mana dan sebagainya dijawab “yagatahu”. Hasyem.

    Dan alasannya minta pulang: ketakutan banget di dalam rumah kami. (-_________-)

    1. eh jam 4.15 dibangunin? ngetok pintunya heboh ga? lah akhirnya dia sampe kampung bagemana kalu “yagatahu” gitu? udah lama kerjanya? ketakutan napa di rumah? ada dedemit dan wewegombel?

      1. baru baca Mba. Maap.
        Lumayan heboh ngetoknya Mba, sampe Aaqil kebangun. T.T
        Untungnya ada papa-kakak-iparnya Bul lagi pulang ke Plembang, jadinya dicari di terminal trus dioperin ke kendaraan yang seharusnya.
        Udah 4 tahunan, 3 tahun ama kakanya Bul, setahun ama kami.
        Gatahu itu Mba Tiin ketakutan apa. katanya merinding aja gitu. Nah Ibu mertua ngaji, trus bapak saya juga ngaji di sana katanya ga kerasa apa-apa. Gatahu sik ya Mba. Hehehe..

      2. udah setahun baru merinding sekarang? anehpun..
        biasanya yang “tahu begituan” kebanyak bayi ya..

  5. moga dapet bedinde baru yah mbak..

    pusing sangat emang kl gak ada ART .. minggu kemaren si mbak di rumah juga pulkam seminggu lebih ngurusin perceraiannya.. (dia dah 3 kali sidang dan kmrn yg terakhir).. badannku rontok ngurusin rumah sama Aghnat. untung dah gak mual mual lagi..

    1. amin, semoga disegerakan..
      dibilang pusing sih ga pusingpusing amat, bisa kita handel berdua, lain kalu punya anak dan kerja kali ya.. cuma ga asik aja kalu rumah sepi..
      wuih ga kebayang kalu mualmual terus dan kudu urus aghnat juga rumah.. rasanya gempor nih..

  6. Sekarang gimana giginya ?? ke dokter gigi aja mbak, ntar gak akan ada demit lagi deh…..hehehehhe

    1. lagi di luar kota, masih nyutnyutan.. ntar deh hari senen aja.. kayanya kena saraf nih..

  7. Wkwkwk,, bener2 tertawa baca tulisan mbak tintin.

    Btw, gimana dengan sakit giginya. pa sudah sembuh?

    1. blom lah masih nyutnyutan.. udah kumurkumur sih jadinya.. sehari 10 kali ada tuh kumurkumur dengan air garam..

      1. Jangan kumur pake air garam mbak. gigi tambah keropos

      2. akhirnya ditambal deh sama dokter, dua kali kesana di ronsen dulu..
        seblomnya pake kapas dikasih minyak mint..

  8. Jika berurusan dengan ART memang harus sabar ya mbak Tin 🙂

    Btw, mungkin bisa sembuh jika ke dokter gigi.

    1. never ending story deh urusan bedinde mah..

  9. Balada ART Mbak Tin.. gada habisnya.. cobaan para ibu ya itu pencarian bedinde hehe..
    tapi demit sama sakit gigi apa hubungannya ya hihihi
    GWS aja deh ya Mbak Tintin giginya

    1. padahal dulu ngurus bedinde gini loh, cuma cari yang benerbener jodoh itu butuh waktu deh.. dapat ga pernah sesuai keinginan kita..

  10. mbak tiiiin, apa kabar? mahia kangen ihhh ^^^

    lucuuuu baca ceritanya..

    1. mahiaaaaa, sehatsehat ya.. kemana aja? kangen juga deh..

  11. diah indri · · Reply

    Bedinde bahasa mana sih mbak? Aq bru denger ini.
    Klo dpt 2 kasi aq satu ya mbak, buat ku ajak ke papua 😀

    1. bahasa belanda, bediende, artinya yang bantubantu di rumah..
      ntar ya kalu dapat dan mau diajak ke papua.. justru di semarang-jogya bukannya banyak tuh?

  12. Seremmm…

    1. gapapa kog dimari, ga ada seremseremnya..

  13. Itulah makanya saya udah bertahun-tahun memutuskan untuk merdeka dari jajahan ART. Mendingan capek badan deh dari pada capek hati mikirin kelakuan mereka.
    Tapi suka heran lho ngeliat temen yang ARTnya bisa bertahan sampe belasan tahun. Perasaan aku di rumah nggak cerewet amat deh sama ART tapi kok nggak pernah beruntung gitu.

    1. Seumur hidup saya punya PLRT ya cuma satu-satunya yang ngikut saya sejak saya penganten baru sampe lahir anak bungsu saya, anak ketiga yang akhirnya ikhlas ditinggal si pengasuh waktu dia sudah kelas 5 SD. Totalnya PLRT saya ikut kami 16 tahun saja. Alhamdulillah hubungan masih jalan sampe sekarang meski dia sudah menetap di Cilacap lagi di kampung suaminya. 🙂

      Doa untuk jeng Tintin semoga lekas sembuh dari gigi nyutnyutannya ya.

      1. PLRT ? Singkatan apa lagi ini? Khas bu Julie, deh

      2. dulu awetawet ya mbak.. sekarang ngelunjak dah..

        udah mendingan sih udah ditambal.. mogamoga ga pake nyutnyutan lagi..

      3. plrt itu penata laksana rumah tangga.. kayanya sih..

      4. Ini nama resmi yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja, Penata Laksana Rumah Tangga bu dokter. TKW di LN disebut sebagai PLRT. Secara umum sih sebutannya TKI tapi karena mereka bekerja di sektor RT jadi disebut pemerintah segagai PLRT.

      5. aha jadi bener toh artinya.. penata laksana rt..

    2. masalahnya rumah kan ga boleh kosong.. bedinde juga sebagai penunggu rumah sih, biar kalu paket ga nyasar dan surat selamat.. tinggal berdua kerja semua ga asik juga ternyata..

  14. sakit gigi emang ngga nahan……. 😥

    1. iya banget deh, jadi paham sama yang sering sakit gigi..

  15. yah komenku kemaren ga tampil, hiks..
    masih sakit gigi mbak?

    1. sakit giginya diminumin panadol saja, mbak. Baru ke dokter gigi. Cari mbak cuci gosok saja sekarang susah. Satu orang bisa punya job di beberapa rumah. Jadi betul2 argonya dijalankan jam-jaman. Gak enaknya, seperti mbak D dan mbak E yang cuma betah 3 hari itu, mak comblangnya biasanya minta ongkos juga, lho. Mangkanya harus ada garansi…

      1. dikasih mentol di kapas terus gigitin di gigi gitu, resep babe sih.. iya baru ke dokter gigi.. udah di ronsen, masih sayang kalu mo dicabut.. jadi ditambal aja..
        cuci gosok juga bisa sendiri sebenernya budokter.. cuma ini kan biar ada sekalian yang jaga rumah..
        ini makcomblang juga agak keterlaluan.. masa minta sejuta buat nebusnya? kaya ibu dibyo eh ibu sapa tuh yang ngetop cari prt..

    2. belakangan ini sering aneh juga wipi ya.. daku juga komen ada beberapa ga tampil..

  16. wkwkwkkkkk… ketawa aja deh..

    1. ga ribet ya sama bedinde..

  17. Teman2ku yang udah merit n punya pembantu seperti mempunyai masalah yang sama Mba-e… Si mba datang dan pergi, keluar masuk dengan berbagai alasan.

    1. iya masalah ini selalu ada, jodohjodohan deh nyarinya.. tergantung niat sih, yang lamalama justru lebih awet daripada sekarang.. alasan ada aja..

  18. aha. aha. aha. aha. ini lucu sekali! pembuantu kok suoookkknyaaaa…. temenan ta? eh. maksud saya… beneran kaaa? *logat surabaya*. mudah2an laen kali ngga ada pembantu yang pasang pengumuman di pintu kamar: “maaf, lagi sakit jangan diganggu”

    1. dulu simbak A juga nulis “lagi sakit” di atas pintu dengan pintu ditutup.. biasanya emang dia sakit menstruasi gitu.. jadi ya ga ganggu, cuma sehari sih.. dibilang belagu juga biasa aja tuh.. yang penting jelas toh..

  19. jampang · · Reply

    kalau ada hantu biasanya kan bau wangi 😀

    tapi emang banyak yg punya masalah dengan pembantu… jarang yang awet, beda kali yah…. pembantu dulu sama jaman sekarang

    *padahal punya pembantu aja nggak*

    1. ada banyak cerita di depan rumah suka cium bau melati.. tapi ga ada yang nanam melati, padahal sedap malam juga baunya mirip, cuma kog siangsiang gitu.. biasanya sedap malam wanginya malam toh..
      iya beda pembantu sekarang dan dulu.. pembantu mama daku awetawet pun.. sampe ke cucu..

  20. meh, baru denger kali ini ada bau gosong penyebabnya dedemit. ada-ada aja…
    Pantes ibu saya dulu paling ogah punya asisten rumah tangga Mbak Tin, ternyata ribet juga yak urusannya kalau dapat orang yang tidak tepat…

    1. iya cocokcocokan.. kaya cari jodoh juga soal pembantu mah..
      yang bilang dedemit kan paktikno.. 😀

  21. ke dokter gigi aja mbak, biar sakit giginya sembuh….

    semoga cepat dapat pengganti bedinde yang baru 🙂

    1. amin makkhansa.. udah ditambal giginya.. dan mogamoga segera ada yang betah..
      [udah jabat tangan sama dedemit.. :D]

  22. ikat dengan benang, ujung satunya ikatkan di gagang [intu, trus banting deh pintu sekeras-kerasnya…hahahaha…dijamin lebih demit dari yang udah gosong….

    1. terus ujung satunya ikat kemana? iket ke demit? [langsung ngakak]

      1. ke gigi demit…hahahaa

      2. beneran deh kalu bisa nongol pengen kasih ujung benang ke demit.. *eh?

  23. Udah sembuh sakit giginya mba?

    Huaaaaah.. riweh ya urusan sama ART. Untunglah aku ga butuh disini. Kayaknya lebih banyak stressnya daripada ga-nya. Tapi semoga ketemu yang cocok ya mba.. ^_^

    1. Btw, makasih kartunya mbaaaaa.. udah sampe hari ini.. ^_^

      1. kartu kedua blom ya.. 😦

      2. masih belum mba.. aku juga bingung kok bisa bedanya lama banget yaaa 😦

      3. ngirimnya bareng, daku klip tuh biar ga pisah.. yang ke yan di palembang sampe duaduanya.. sabar aja mogamoga ga nyasar..

      4. It’s here mbaaaaa.. baruuuu aja dateng niiiih.. Huaaa lucu ada potona segala.. ahahaha..

        Nanti aku pajang di blog yaaaaah.. ^_^

      5. alhamdulillaaaaahhhh.. padahal kirimnya bareng, udah diklip pula biar ga pisah, eh pisah juga dan sampenya lain hari..
        itu kartuposnya terbatas loh, saat pameran gajah dalam wajah manusia.. *eh tepatnya judul gajah pijimane ya?
        yang gambarin gajah empeyer juga loh.. udah terbitin komik tuh.. namanya rana wijaya..

      6. alhamdulillaaaahhh.. padahal kirimnya bareng, diklip pula biar ga pisah, lah terpisah pun.. apa gegara foto kudu diperiksa lebih jeli takut “nyelip” apa gitu ya? *grin..
        itu kartuposnya yang bikin rana wijaya, saat pameran gajah dalam wajah manusia.. udah terbitin komiknya.. empeyer juga.. jadi terbatas loh kartuposnya..
        semoga suka ya.. ku bikin scrapbook minimalis deh, dan nyolong foto bebe.. 😀

    2. gigi udah lumayan.. cuma emang kapankapan kalu siap mental pengen dicabut aja.. ini baru ditambal..
      amin semoga segera ya.. udah ada si helen nih biar ada yang urus.. untung masih ada tukang di rumah..

  24. akhir-akhir ini ngerasa butuh ART, tp begitu baca tulisan ini kok jd mikir-mikir lagi 🙂

    1. daku sih tetep butuh.. jodohjodohan emang.. semoga dapat yang baik hati dan rajin pun suka membantu serta jujur ya..

  25. Namanya juga ART, jadi menanganinya juga perlu art/seni yang sesuai. Semoga gigi bolongnya lekas sembuh.

    1. makasih moes.. gigi udah aman jaya..
      iya ketemu bedinde kaya ketemu jodoh juga kan..

  26. woooow…kita punya masalah yg sama.
    sebetulnya saya pengen banget nulis sola bedinde ini…soalnya seumur2 baru kemarin ngalamin yg dikadalin….kalo minta pulang ngibul alasan nenek, adik, ibu, bapak sakit…udah biasa. lah yg kemarin itu….ampun deeeh….
    tar aku tulis aah

    mba tiin apa kabar…semoga udah ga sakit gigi….apalagi sakit gigi gara2 bedinde….ga banget ya mba…hihihi

    1. kayanya emang bedindenya masih kangen keluar ya.. blom hafal ma kita.. mogamoga ga lama dikadalin..
      ih ga banget dong sakit gigi gegara bedinde..
      asik ketemu rita dimari.. sehatsehat ya..

  27. […] Terinspirasi dari postingannya Mba Tinsyam tentang balada bedinde yang judulnya Antara Bau Gosong dan Dedemit. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: