survey minol

[ganti judul ya jadi minol-MINOL]

tadi pulang pengen mampir beli yakult di toko deket rumah, kog ya buka kulkasnya jadi inget postingan mas iwan soal miras.. tadinya baca miras di dokterprita kebayangbayang gimana ponakan daku bisa kejebak gini.. sekalian pengen jajan loemakie di resto yang baru buka samping toko yang dulunya juwalan soto makasar ala mamingdaengtata.. jadi daku putusin lihatlihat isi kulkas beberapa mart deket rumah, ini dia..

  1. alfam**t, ga ada peringatan, dipajang paling atas dan paling bawah, deket susu samping softdrink..
  2. indom**t, ga ada peringatan juga, dipajang dua laci paling bawah, tadi lihat anak kecil pegangpegang anker kecil..
  3. alfam**t deket pom bensin, ga ada peringatan, tapi dijual botol kecil dan ga ada birbintang, dipajang ditengah..
  4. familym**t, dipajang satu kulkas tersendiri, dengan peringatan, ehtapi waktu antri bayar, ada abege yang ga diperiksa deh belanja mixmax, padahal umur ga ada 18taon..
  5. 7-11, dipajang satu kulkas tersendiri, tapi ada beberapa kulkas paling bawah ada pun, tanpa peringatan..
  6. circle K.. cape deh, pulang, beli capucino dowang, padahal tinggal beberapa langkah, tapi hati udah prihatin..

kalu dihitunghitung, ada sekitar 10 lebih kali mart-mart yang deket rumah, dan semuanya juwalan miras.. dijuwalpun deket minuman soda, susu, teh, sari buah.. ada yang dicampur dalam satu kulkas, ada yang satu kulkas penuh dowang.. gimana anakanak ga penasaran sama rasa miras ya kalu tinggal ambil begitu.. apalagi lagi ada promo, beli 2 birbintang dapat keripik, dapat kacang..

kaki daku sampe gempor padahal deketdeket loh.. gegara pake sepatu hak.. ih emang kurang kerjaan apa.. cari penyakit sendiri.. suer daku prihatin.. 

tadinya pengen ngukur berapa menit jarak daku sampe rumah dari keliling mart ini, eh instagram ga pake menitdetikpun.. jadi daku takar pake jam hape aja, ga ada setengah jam keliling 5 mart tuh.. 10 menit sampe.. radiusnya 500meter kali..

dulu pernah bahas, kog banyak aja martmart jamuran dimanamana, setiap 100meter malah, bahkan tinggal nyebrang.. ehtapi saat taon baru maren, malah daku terbantu sama mart yang buka 24jam.. dari semua diatas, 3 terakhir buka 24jam.. yang lain jam 10 tutup..

[beso survey apa lagi ya..]

Advertisements

83 comments

  1. Wah segitunyaaa..???!!! tapi kalau beli itu miras, yg jaga tanya2 berapa usianya? atau dijual mudah saja? astaghfirulloh… prihatin banget jadinya.

    Survey tentang Seblak..hihihi..itu kerupuk mentah yang digodog..kayanya modifikasi dar masakan korea yg kaya kerupuk..duuh apa namanya ya bhs jerman mah Reiscake itu, hanya bumbunya kita pakai Kencur 🙂

    1. itu daku pasang fotonya di instagram teh, males aja kasih link foto dimari.. males ribet hihihi.. dan itu semua deketdeket deh, makanya fotonya agak kembaran..

      seblak? dulu temen kost masakin kerupuk diseblak gini.. enak pun, tapi pedes.. survey kerupuk aja kali ya.. 😀

    2. Astagaaah…. eta seblakkkk

      1. Hihihi… Iyaaah astagaaaah si Seblak BW-an..!!!

      2. akhirnya beli 10 macam kerupuk, pengen nyeblak semua deh minggu ini..

    3. Tetehh piye kabaree?

      1. Sehaaaat..alhamdulillah, cuma lagi kepanasan, sumuk tenaaan *kiplik-kiplik*

  2. bebas banget yah di Indonesia, pdhal trendnya di eropa mah malah diketatin.

    1. iya bebas banget.. walupun ada peringatan yang ternyata cuma “peringatan” tetep aja yang beli anak kecil boleh tuh sama kasir..
      ehtapi kali kadarnya ga seheboh disana kayanya? blom recek kadar alkoholnya sih.. ntar pengen recekrecek lagi..

      1. Saya pernah menjumpai di sebuah minimarket (di Batam) ada miras dg kadar alkohol di atas 20%, bahkan ada yg di atas 40% seperti rhum, vodka. Penempatannya gabung sama produk2 softdrink.
        Terus ada anak remaja beli rhum, cukup dimasukkan di dalam celana dibalik bajunya, botol lainnya dibawa temannya dalam tas kresek, santai aja mereka bawanya dan jalannya, seakan-akan sudah biasa. Usia mereka 15 belasan tahun.

      2. rhum dimasukin di celana itu setelah bayar gitu mas? dan kasirnya bolehin? pernah pergokin ponakan yang beli vodka sih, dan minum di kamarnya, waktu ku tanya dapat dari mana, belinya bareng mama jawabnya.. ku tegor tuh mamanya, kata mamanya itu kan softdrink.. ku sampe tunjukin tuh vodka.. abisnya botolnya lucu.. sejak itu kalu belanja kudu recek deh.. itu juga karena pergaulan, padahal ponakan daku baru juga esema..

      3. iya, habis bayar ke kasir, dimasukin di dalam celana (dalam baju), botolnya kecil. Waktu ku cek di raknya kandungannya 44% alkohol. Kapitalis banget tuh tokonya. Saatnya disuarakan ke media, untuk memperkecil kriminalitas.

        Membaca postingannya mbak Tin, miris juga kalo ada peringatan tapi kasirnya disuruh juragannya untuk menerima duit kalo ada yg beli. Juragan mana mau rugi. Peduli setan dg masalah sosial sekitarnya.

      4. peran orangtua ga bisa lepas nih mas.. was-was kalu anakanak minta dibeliin minuman.. produsen mah mikirnya untung, masalah sosial kaya gini emang harus peran orangtua.. harus itu..
        padahal ku belanja selama ini ga perhatiin kalu ponakan minta beli minuman soda.. ga tahunya eh alkohol pun, walupun kadarnya dikit, lamalama kan bisa nagih, apalagi kalu udah gaul..
        dulu, waktu rajin ngekafe, karena kafekafe baru menjamur, blom ada kasus mabokmabok karena alkohol, palingpaling kita belinya cuma fanta-cocacola, malah greensand ga dijual, apalagi birbintang.. sekarang mbuh deh, malah anakanak diajak ngekafe sama orangtuanya.. seperti familymart, namanya aja familymart, tapi kog jual begitu yang gampang diraih ya.. walupun pake peringatan tetep aja di kasir dibolehin.. padahal itu mart-mart buka 24jam, deket kampus dan deket kompleks..
        pernah tuh nongkrong sama sodara jam 2an di mart gitu, ada beberapa anakanak yang bagadang nemenin ortunya cuma beli popmie.. *eh..

  3. Terimakasih survey-nya, mbak Tin.
    Wah… itu bocah-bocah bisa kejebak tuh, apalagi kalo sudah dapat testimoni dari temannya, atau pengen dapat pengakuan dari lingkungan teman-temannya sbg anak keren. Duh mirisnya 😦

    1. bisa dilihat di instagram.com/tinsyam ya mas mirasnya.. ada anak kecil sih ga kesampean kelihatan pegang botol kecil, abisnya lucu tuh botol.. kebanyak semua lagi ada promo tuh, hadiah kerupuk dan kacang kalu beli dua..
      tadi suer buka kulkas jadi inget postingan masiwan.. prihatin..

  4. Rajin banget, Mbak TIn

    1. kepikiran teh, gegara lihat ponakan daku masih esema minum alkohol.. enak katanya, rasa buah gitu.. hadoh..

  5. tg aku kagum n heran mbak Tin nih kok ya sempet2e survey gitu lho
    sampe tata letaknyapun kecatet xixixixi surveyor sejati nih keknya hehehehe

    1. deketdeket semua lala.. cuma 100-200 langkah kali ya.. ga ada setengah jam deh kalu jalan semua.. tadi kepikiran waktu beli yakult, sebelah kulkas kog ada birbintang.. jadi inget postingan masiwan..

      *masih dong berjiwa surveyor..

  6. Perlu di himbau mereka agar memasang peringatan,bahaha nih generasi anak bangsa…

    1. pemerintah butuh duit jadi cuek bebek nih?

  7. untuk yang dijual di mart itu sebenarnya resmi gak sih mba?
    gimana dengan miras oplosan kayak topi miring dll gitu?

    1. kalu ga dijual terangterangan ya ga resmi dong.. ini terangterangan pun, pasti ada ijinnya..
      miras oplosan kan dijual diamdiam ya.. cuma klien aja yang tahu.. dulu pernah diajak temen beli miras oplosan yang lebih murah, ga tahu deh isinya apa, itu pun belinya di lapak tersembunyi, tapi di tengah kota, dan kalu mo beli sms dulu, ditungguin gitu, tinggal bayar aja.. mo lapor polisi ga mikir.. mereka sering pindahpindah.. janjian kalu mo beli..
      baru tahu ada merek topi miring..

      1. saya sih seringnya denger topi miring gitu mba. pas lagi ada masalah mabok, biasanya disebutnya itu. hehehehe.

      2. sampe tanya ke sopir loh, tahu dia hihihi.. katanya mo pesen berapa mbak?..
        ternyata mereknya luculucu ya..

  8. Wah, kalo ditempat saya martnya letaknya jauh-jauh, kudu pake kendaraan.
    Bahaya banget tuh kalo jual miras tanpa ada peringatan. jangan mau ambil untungnya doang,tapi perhatiin juga generasi kita nanti jadinya kayak gimana. pengen tegur tuh ABG yang beli tu minuman. *waduh, kok saya jadi marah-marah gini* hahahaha…,

    abis jalan-jalan gitu, kakinya pegel, enaknya dipijet ya mbak…,hehehehe…,

    1. semalam mo negor bingung, efek cape hati kali ya..
      udah ganti sendal jepit terus nonton dulu sambil minum capucino..

  9. Survei sederhana yang asik nih …
    Yang jelas … saya geleng-geleng kepala … dalam radius yang tidak terlalu besar … terdapat 10 mart … baik mini maupun maksi … baik daylight maupun 24 hour

    Persaingan ketat …

    Mengenai Miras … or Minuman Beralkohol ?
    Mmm no comments … mestinya kasir harus lebih berani untuk menseleksi umur

    Salam saya

    1. lebih dari 10 mart deh pak.. ada yang dalam kompleks malah.. ada yang di sekolah pun.. depan rumah kan sekolah smk 8, ada martnya namanya eight mart.. udah recek, cuma minuman soda dan sari buah juga susu, bukanya hanya jam sekolah, ini semacam mart tapi juga koperasi sekolah gitu..

  10. ini sebenernya survey minol apa survey Mart Mart an sih
    😛

    1. survey duaduanya :D.. daku survey kondom juga loh di martmart, napa ya dipajang deket permen, gampang dicomot pun..

  11. Mirisss.. Itu ada gerakan #antimiras dari Uni Fahira Idris di twitter

    1. Iya. Kalau tidak salah, Mas Iwan awalnya mempost ini juga sebagai bagian dari gerakan #antimiras itu.

    2. iya mas iwan juga udah pasang dan ku udah isi petisinya kog..

  12. Aku skr gak bs jauh mba abis every wiken matt n temen2nya pasti ngebeer huhuhu

    1. kan tementemen dan mattnya udah dewasa non.. ini masalahin mart yang gampang aja nyampur minol sama susu, jadi anakanak gampang ngambil gitu.. napa ga jual aja di kafe ato supermarket besar sekalian, jangan di supermarket kecil yang jamuran sekarang dimanamana, malah udah kaya pasar gini..

  13. makin gampang aja cari miras skrng ya Mbak.. pdhal dulu ngumpet2 yg jual

    1. di kemang jamuran tuh kafekafe keren yang jual miras.. asal jangan ditujukan ke anakanak.. kafekafe gitu kan punya anak pejabat, jadi jualannya ga ngumpetngumpet lagi dah.. iya jaman daku dulu ngafe juga ga ada jualan miras, ga ngumpetngumpet pun, tementemenku ga ada yang beli miras kalu kumpul.. palingan cocacola fanta sprite..

  14. huuuuhuuuu..sedih deh mbak menyaksikan fenomena kayak gini..sebagai orangtua, kepikir efeknya ke anak2..semoga segera ada pelarangan penjualan minol secara bebas..miriiiiis…

    1. setidaknya kalu mo jual minol ya jual di pasar besar dan pasar tertentu, jangan gampang diambil di mart kaya gini, deket pun jualannya dengan minuman soda pun saribuah kesukaan anakanak..

  15. heavendrive · · Reply

    dan satu lagi mba, pernah ngecek struk yang terbeli di mart-mart tersebut, kadang atau lebih seringnya gak pas dengan harga di display, biasanya kan costumer abis beli langsung buang struknya ke tong sampah jadi gak ketauan bener apa ngga promo yang diberikan oleh pihak mart tersebut…..

    1. kalu itu daku ga buang selalu recek dulu.. iya kebanyak konsumen cuma asal bayar ga periksa ya.. malah bagian promonya buat pegawe, lumayan tuh dapat keripik..

  16. wah… gawat juga ya.. kalau anak bisa bebas beli miras… rokok juga kayaknya

    1. ya miras ya rokok ya kondom, gampang banget..

  17. — sedih bener 😦

    1. kita waspada aja ya titin kalu nanti punya anak..

  18. mbak Tintin, survey yang menarik, meskipun hasilnya memprihatinkan ya 😥
    *speechless*

    1. maren ke circle K.. woah 11-12 sama family mart, padahal buka 24jam ya.. tempat nongkrong tuh deket rumahrumah..

  19. iya mbak.. saya juga prihatin. masa sekarang anker bir yang udah 16 rebu aja sekaleng..?! padahal dulu mah cuma 9 rebu. #ehh

  20. Jawabannya cuma satu mbak,
    ITULAH INDONESIA!

    1. biar gitu daku bangga jadi orang indonesia..

  21. Waduh jadi inget punya hutang sajak tentang miras buat bung iwan..

    1. udah bikin mus?

  22. aparat kelurahan kayanya harus bertanggung jawab tuh, kan mereka yang ngasih izin pendiriannyanya….. kalau nggak salah

    1. padahal deket pun sama kantor kelurahan.. emang yang keluarin ijin bikin usaha gitu kelurahan?

  23. Berubah yuukk.. mulai dari sendiri saja dulu, trus siapa lagi ya? hmmmm kita kita dan kita… 😀

    1. *gandengan tangan..

  24. syukurnya di tempat saya di banjarmasin penjualan miras tdk seramai di pulau jawa. paling cuma di hotel2, THM, dsb. kalo di mini market, alhamdulillh, aman. hehe

    1. iya kalu ditempatnya kaya di hotel juga kafe, gapapa sih, jangan gampang diambil sama anakanak gini ya..
      ntar mo survey juga di daerah..

  25. Wahh, sempet2nya ya survey begini.hihi..
    Trus klo survey habis masuk minimarket brarti gak beli apa2 mba? 🙂

    1. 1. yakult
      2. baby oil
      3. susu coklat
      4. capucino
      5. nacos
      6. gajadi.. :p

      awalnya emang pengen beli yakult kog.. eh jalanjalan jadinya keliling deket rumah, dan belanja dikit..

  26. sakura suri · · Reply

    iyaaaaaaa
    setuju banget . sekarang mall mall kayanya cuma jarak 200 m.
    Di deket rumah saya, dalam radius 2 km, bisa dihitung tuh ada 7 minimarket lho. ckckck..
    tapi selain circle k kayanya ga ada yg jual miras deh..

    1. disini circle K jualan pun.. kan deket sekolah dan universitas..

  27. [copypaste jwbnku di mas iwan yaa]

    hwalahhh parah ya miras di indonesia skrg dah kayak majalah porno aja 😦 terjangkau terbuka di mana2. di negri2 maju, baik miras maupun majalah prono disimpan di rak terpisah, atau di belakang kasir supaya aman. karena konsumsinya ada batasan umur harus menunjukkan ktp/sim. pokoknya tidak boleh bareng2 dgn barang2 yg utk semua umur.

    saya setuju miras tidak baik utk kesehatan. karena secara kimia miras bisa mengubah proses kimiawi otak. tapi ini toh juga kontroversial, karena bahkan dokter pun meresepkan obat2an semacam obat tidur atau obat penenang atau obat depresi yg juga fungsinya mengubah proses kimiawi otak.

    ada bagusnya mayoritas penduduk indonesia adalah muslim, krn orang islam melarang minum alkohol. sayangnya pemerintah gak bikin regulasi sebaik negara2 barat (yg padahal muslimnya minoritas). jangan ikut2an jerman yg boleh ngebir di jalan deh. di belanda contohnya, miras gak boleh keluar ke public space, alias orang hanya boleh minum di rumah atau di tempat2 yg menjual miras. miras di tempat umum hanya diijinkan waktu hari karnaval & ultah ratu/raja.

    saya bukan muslim tapi sebagai orang spiritual juga mengerti bahwa miras dan zat2 pengubah kimiawi otak lainnya mengganggu proses spiritual manusia. agama apapun seharusnya melarang miras, karena menghalangi proses mendekat pada tuhan.

    1. mantau miras dimari susah nit.. kaya video porno pun.. yang jual ga sembarang, ga dipajang gitu, tapi kalu kita tanya ada video xxx, eh dikasih beberapa pilihan..
      ini miras malah terangterangan.. kalu jual di kafe ato bar ato toko khusus miras dan yang masuk orang dewasa sih gapapa menurutku, tapi dijual di tempat yang gampang diraih anak-anak kog pengen ambil semua minuman yang dipajang dan banting dah..
      biarpun muslim yang melarang minuman keras, tetep aja yang lakoni sih.. apalagi sampe ada “peringatan” yang barusan ku baca di kepolisian saat urus SIM sodara, katanya kalu yang kecanduan dan melaporkan diri, akan dibiayain untuk rehabilitasi.. kenapa lapornya ke polisi ya?

  28. Besok mau survey, ada nggak ya toko tinsyamart

    1. amin semoga nanti ada toko dengan namaku sendiri, ehtapi ada loh toko tintin.. lupa dimana tapi.. pernah lihat saat lewat..

  29. diah indri · · Reply

    Jaman aq smp suka main ke *d* swalayan bir kejora sudah nongkrong manis mbak. Cuman krn bukan swalayan yg mudah dijangkau dr rumah2 n jaman dl jg blm sekacau skrg jd blm bgt dimasalahin ya mb 😀

    1. iya taon maren waktu lebaran pun ku juga “melotot” lihat bir di toko ada di semarang, deket rumah tuh.. kayanya blom banyak yang mabok jadi blom dimasalahin kali ya.. 😦

      1. diah indri · ·

        klo kt bpkq dia msh dlm kdr tertentu
        kmrn bca d tmpat pak iwan ato dmn gt, ada kriteria presentase yg diperbolehkan olh UU

  30. Mba Tin… Aku juga sempet survey setelah baca postingannya Mas Iwan… Ternyata benar di semua toko-toko yang ber-mart2 gitu botal-2 minuman beralkohal dipajang disebelah minuman ringan.

    1. sebelahan sama susu sama jus sama yogurt sama kopi instan pun.. tinggal ambil tuh.. waktu bayar aja ga diperiksa.. padahal yang beli anakanak..

      1. Bener-bener kurang kontrol di negara kita ya Mba… Yang penting dagangan lakuuu

  31. mau baca satu-satu komennya takut kelamaan Mba Tin. JAdi prihatin minol ga terkontrol gitu. Emang sih balik lagi ke masing-masing orangnya, tapi paling ga yang jualan kan mestinya tanggung jawab juga jualannya. Huhuhu. Kalo yang belom cukup umur yang beli itu loh yang memprihatinkan…

    1. biar gimana juga tetep kontrol itu orangtua, bukan orang lain.. emang orang lain peduli gitu sama anak orang? maren reuni juga bahas gini loh.. kita orangtua kewajiban bikin anak jadi baik.. bukan jadi ancur.. jangan asal kasih duit karena berasa salah ga bisa nemeni anak, ga tahunya anaknya overdosis..

  32. hai mbak, main2 ke blog ya mbak, di http://www.buburasem.com ehehe

    1. blognya kog susah dibuka ya..

  33. iya mbak bener.. ga ada peringatan dan ga ada pengawasan, aku pernah lho wkt smp dulu.. ke ind*mart,, trus beli minuman Gre*ns*nd itu sejenis miras jg ga sih??? aku ga tau wkt itu tu.. pas diminum kok kyk miras??? kejebak aku mbak… tp ya gtu.. kok ga dipisah sih bagian miras sama minuman lainnya? 😦 dianggap minuman biasa aja, kasian kan generasi penerus nih dirusak secara ga sengaja :(.. rajin deh si mbak nih bikin survey.. tp berguna jg nih, buat peringatan.. 🙂

    1. itu greensand enak diminum campur sirop apel.. *eh?
      dulu ku ga tahu itu greensand termasuk miras, tahunya kaya cocacola aja.. emang sih kadarnya ga tinggi.. abisnya waktu itu disajikan dengan sirop apel.. jadi berasa apelnya gitu.. padahal daku ga gitu suka minuman bersoda..
      sebagai orangtua kitanya kudu mawas diri..

  34. huhuhu..parah yaaak. semudah itu remaja mendapatkan miras 😦

    1. iya gampang tinggal ambil gitu aja.. 😦
      masa ya dipajang gitu deh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: