kopdar

satu siang di hari minggu.. daku sedang bertamu di rumah seorang sahabat.. terjadi obrolan seperti ini:

  • mama & tantetintin, pamit ya.. *sambil cium tangan..
  • mo kemana?
  • mo kopdar..
  • apa itu kopdar?
  • kopi darat ma..
  • kopi darat? kopi di darat apaan? sekarang kamu suka minum kopi?
  • ketemuan sama temen onlen di fesbuk, namanya kopdar, gitu loh ma..
  • temen onlen? fesbuk itu apa?
  • ya ampun mama, gaul dikit napa? tantetintin aja lebih gaul dari mama, tanya deh tante apa itu kopdar.. daah mama daah tanteku.. *kabur tutup pintu..
  • {sambil balik badan mendelik padaku} jadi tin, apa itu kopdar?
  • mmhh anu, disambi minum kopi ya.. .. .. {habahhabah}.. .. .. itu anu, ga ada hubungannya sama kopi sih.. {tambah mendelik}

{“,)~

kopdar atau kopi darat adalah istilah jaman komunitas radio tahun 70/80an.. jaman itu belum ada internet, jadi gaulnya dengan radio, dan terbentuk komunitas radio, komunitas yang suka ngolor-ngidul via udara, lalu kalau mau ngajak ketemuan memakai istilah kopi darat, bukan kopi udara lagi.. begitu jaman teknologi berkembang dengan kemajuan internet, ternyata istilah kopdar dimutasi oleh komunitas internet.. bukan sekedar obrolan maya, tapi juga nyata.. bukan sekedar layar, tapi juga tatap muka, jabat tangan, peluk erat..

dulu jaman daku suka chatting via yahoo messenger (YM) tahun 90an, daku suka kopdar dengan teman-teman chatting YM, apalagi selama bulan ramadhan, sambil ngabuburit kita bisa sekalian kopdar, dan biasanya di kafe-kafe yang jaman 90-an mulai menjamur.. dan jaman itu, daku kopdar punya satu misi..

yaitu..

mmhh gini ya.. dulu itu.. mmhh.. sungguh loh, daku kalau mau kopdaran sama teman chatting, bukan karena daku atau teman daku itu saling naksir.. tapi, daku mempertemukan teman-teman yang saling naksir.. jadi misi daku adalah makcomblang..

halah..

dan, daku menikmatinya..

~(,”}

teman pertama daku chatting di YM adalah bang bari dan mbak bule.. dua-duanya tinggal di belanda.. itu tahun 1998 apa 1991 ya? tahun 90an deh pokoke, lupa deh suer.. dan kedua sahabat ini sering daku cerita di empi dulu [RIP multiply.com].. dengan dua sahabat ini, daku sering kopdar kalau berlibur ke jakarta, beberapa kali, sudah kaya sodara, kaya keluarga..

dari YM daku diajak nge-friendster.. friendster “tutup” diajak ngempi [multiply].. eh ngempi “tutup” daku jadi kenal fesbuk juga wipi [wordpress].. persahabatan kita dengan tempat bermain yang berpindah-pindah tetep langgeng jaya.. dari chatter jadilah blogger.. jaman boleh berubah, teknologi boleh berganti, rumah tempat kita bermain berpindah-pindah.. akhirnya dimari, entah beberapa tahun lagi, masih eksis tidak ya wipi ini.. dimanapun tempat bermain, tetep daku, bang bari, dan mbak bule saling kopdaran.. namanya bukan kopdar lagi dong ya kalau sering.. silahturahmi?.. atau apa entah?..

{“,)~

nah, sesuai tema lombanya.. indahnya persahabatan blogger.. blogger itu apa? dari chatter daku jadi blogger.. blogger adalah penulis yang punya blog, yang punya rumah online untuk tempat menulis, dan rumah online daku adalah wipi ini.. apakah bang bari dan mbak bule seorang blogger? bang bari adalah penulis tapi jarang ngeblog dimari, mbak bule lebih suka camfrog dan fesbuk.. apakah kita bertiga bisa disebut persahabatan blogger?

bukan?

baiklah..

daku masih punya banyak sahabat blogger saat ngempi, daku kenal ngempi tahun 2008 sampai saatnya bubar, dan kebanyak sahabat ngempi menjadi sahabat blogger di wipi, dan kebanyak sudah sering kopdaran.. 

buktinya?

ada yang mau berbaik hati memberi link dimari?

jadi inget almarhumah yusnita [alfatihah] yang selalu bilang, no pic is hoax.. sudah banyak daku berkopdar dengan empeyer dimanamana.. bahkan belum lama, daku kopdaran dengan empeyer dari malaysia di citos, makan-makan enak.. bercanda dengan dije.. ke bandung ngerumpi dengan sahabat dari nunberg & bandung.. nengokin mbakjulie di bogor.. cowelcowelin anazkia & bulikkriwil.. manjat pohon nangka demi tije.. berbagi dengan anak yatim saat kopdar akbar.. silahturahmi di danau ui.. gelar tiker di kebun raya bogor bahkan di istana bogor.. beberapa perkawinan.. latihan masak bareng.. makan-makan enak.. beberapa tahlilan.. beberapa kuburan.. beberapa sunatan.. beberapa kelahiran.. beberapa bedah buku.. beberapa tukeran buku.. beberapa tukeran kartupos.. beberapa mall-mall.. beberapa hotel.. beberapa suka duka.. beberapa perjuangan.. beberapa tahun selama ini..

semua berkesan.. tak bisa daku jabarkan dengan kata-kata, bahkan tak bisa daku pamer dengan foto-foto narsis.. semua indah.. semua penuh makna.. semua penuh persahabatan.. semua membuat hari daku menjadi bahagia..

iya bahagia..

terimakasih sahabat blogger..

sungguh terimakasih..

from the bottom of my heart..

~(,”}

jadi manteman.. ada yang mau kopdar dengan tintin? ngabuburit yuk..

{“,)~

 

 

 

bandung2013: tehdewi, titin, nuriskha..


serpong2013 beberapa hari jelang empi bubar..


kopdar akbar 2009, from blogger to writer


citos2013 blogger tukang makan enak..


latbar macaroon 2013


di radio m.arie dengan m.mia & almarhumah nita, dapat panci.. ada yang ingat lomba diskualipanci? sadakonita? lomba paling seru..


danau ui, setelah jadi alumni empi.. ngempi dari lajang akhirnya punya bayi..

cerita ini diikutsertakan dalam giveaway ikakoentjoro’s blog & lieshadie’s blog, indahnya persahabatan blogger..

Advertisements

41 comments

  1. hahahaha. lucu baca percakapan soal kopdarnya mba.
    sukses untuk GAnya ya

    1. thank you.. masryan ikutan?

      1. gak mba. jadi pembaca aja

  2. Ach Tin jadi ingat jamanku delta junior calling…down under..contact….trirrrrrrrrt…over and out…..

    1. hahaha dulu suka orari-an ya.. jadi inget babe dan adik yang suka main radio..

  3. koq gak ada foto mba TIn ?

    1. sejak ganti theme ini, kog tulalit lola mo pasang satu foto, jadi daku belakangan ini sering kasih link aja dah kalu mo lihat foto..
      pengennya sih dikasih link sama tementemen waktu daku kopdaran gitu..

  4. Aduh kangen bunda Julie, tapi aku suka lupa sama blogspotnya, ga bisa nyambung ya wepe sama blogspot ?

    1. kalu daku sih lihat urlnya, otomatis kalu klik b udah ke bu ato ke be.. tinggal ketik “bu” udah nongol otomatis tuh bundel..

      1. aku bookmark deh akhirnya, smoga ga kelupaan lagi deh Mbak

  5. Kopi darat,sambil ngumpul minum kopi,hahaha..
    moga menang mbak..

    1. ga mesti minum kopi kali ya.. asal katanya dari copy gitu jadinya kopi..
      makasih erit, pengen ngeramein dowang..

  6. Serunya kopdaran sm mbk tin tuh sering dibawain makanan enaak 🙂

    1. wet, foto kita di danau ui dimana ya ditaroh? ubekubek ga nemu deh..

  7. moga menang, mba tin. saya kemarin mau ikut tapi sekarang kok ya males nulisnya. hehe

    1. ayo antung ikut ramein aja..

      1. mba tin kartu pos gajahnya udah sampai. makasih ya 🙂

  8. Sssssttttt…… tak bisiki yo? Anda adalah salah satu blogger yang saya paling senang kalau bisa ketemuan di darat gitu. Terima kasih atas persahabatan indahnya.

    1. pelukpeluk mbakjulie.. kangen oi..

  9. jampang · · Reply

    saya kopdar pertama kali dengan teman chatting MIRC, tapi masih satu atap instansi karena chattingnya via intranet meskipun menjangkau seluruh indonesia. kopdar besar pertama kali ya … dengan MPers 😀

    mbak tin bikin lomba/GA?

    1. Kopdar antar Mper’s memang ngangeni toch? 😀

      1. iya mbak paling kangenin..

    2. biasanya ramadhan suka bikin ya di empi.. dimari lihatlihat dulu dah..
      daku malah ga pernah mirc loh.. keren ya kopdar besarnya bareng empeyer.. thank loh diangkutin dus aqua.. 😀

      1. jampang · ·

        xixixixi….masih inget aja mbak kalau saya bawain aquanya

  10. yisha pengin!
    *acungin jempol

    1. ayo yisha dimana..

  11. Mbak Tin, kapan kopdar dengan saya 🙂

    Makasih ya partisipasinya mbak Tin…

    1. asik inshaallah bisa kopdar sama mbaklies di jogya ya..

  12. Aku belum perna kopdar ihik ihik ihik, ajak2 aku kalo ada tp ngak mau ibu2 semua hahaha 🙂

  13. Belom pernah ikutan kopdaran… huhu… Paling ma bijo doang…

  14. Aku doakan mba menanggg lombanyaa… ^^

  15. Seruuu…udah malang melintang (sambil ngalangin jalan) di dunia kopdar…. 🙂

  16. Iiiihhhh…seru…seru…seru…,jadi pengen kopdar bareng Mbak…,tapi saya jauh di Papua…, semoga bisa kopdaran bareng akyu juga ya Mbak…,^_^

  17. diah indri · · Reply

    Ayuk mbak kopi kopi brik brik kopdaaaarrrr

  18. sama ane juga butin beloooon kopdar 😦

  19. dan sedihnya belum bisa ketemu Mbak Tin waktu di Bandung kmaren yah …..

    Inget jaman temen2 ngempi, foto2 narsis dan nambah silaturahim 🙂

  20. Sukses buat ga nya mbak…. Mau jg kopdar sama mbak tintin, nama kita kan ada kesamaan, pake nama tin tin hahahaha….

  21. Aku dulu juga ga mudeng apa itu kopdar. Kukira makanan (bener ini). Pernah ngobrol di forum, dengan enaknya aku nanya, “kopdar itu makanan macam apa?” Padahal kalo aku baca tridnya juga sebenarnya ketauan arti kopdar itu apaan. Ckckck…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: