memasak itu gampang..

iya loh gampang kog.. *iya gampang kalu udah biasa, bagi yang belum biasa, dibiasakan ajalah.. [gitu aja ga pake repot, ditoyor]

kalu ada yang bilang memasak itu ribet, ga bisa masak, ga bakat masak, sebenernya [seperti mamaku bilang] cuma kitanya niat ga mau memasak? memasak bukan soal ga bisa masak bukan soal bakat, tapi mau tidak kita memasak.. ada yang takut kena cipratan minyak, padahal bisa diakalin dengan tutupan panci.. ada yang takut nangis ngiris bawang, padahal bisa taroh kulkas dulu bawangnya biar dingin dan “wangi”nya ga bikin nangis.. ada yang ga mau bau bawang tangannya, toh bisa dicuci dengan sendok.. ada yang takut keiris piso, padahal bisa ditumpulin [eeaahh gimana mo motong ayam kalu tumpul ya?].. awalnya, daku pun demikian, males aja bau dapur.. apalagi jarang ngedapur kalu di rumah mama, sebab mamalah sang ratu dapur.. dahulu mamaku juga ga tahu dapur, karena kebiasaan jadilah sang ratu dapur, masakan mama paling tak ada duanya.. ala bisa karena biasa..

nah, karena daku emang suka ngedapur, gabrukin bumbu, bikin menu dengan takaran kirakira, jadi daku belajar memasak praktis.. paling ogah lama di dapur, daku lebih suka resep yang praktis, ga pake ribet.. masa ya kita bikin masakan enak berjamjam, habisnya dalam hitungan menit.. ga diresapin pula.. emang sih makan itu karena perut laper, bukan karena lidah kepingin.. *apa beda ya?

ini satu bumbu dapur yang daku suka, karena ga ada pengawet apalagi msg, takarannya pun pas, harganya cukup buat kantong [mungkin buat yang lain masih mahal].. sebener bisa lebih ekonomis kalu “kemasannya” tidak mewah.. udahnya diplastikin mantap gitu, masih “disarungin” kertas keren pula.. banyakin aja bumbunya deh.. *dilempar bumbu gratis sekardus..

bumbu gini sangat membantu daku memasak.. sungguh ga pake ribet.. asal gabruk dengan daging yang disuka.. dan rasanya sungguh sedap, menggoyang lidah..

Image

Image

Image

Image

ย 

Image

ย 

kerenkeren kan masakannya? tomyam aja ku bumbuin ke ikan patin.. seselera kita.. produknya banyak, kebanyak sudah dicoba, ada bungkus merah, kuning, ijo, biru, ungu, dengan takaran pedas gambar cabe yang utuh ato separoh.. dan seringnya ku bikin satu porsi sesuai bumbunya, kan sisa masakan bisa ditaroh di freezer, kalu kepingin tinggal panasin.. beragam bumbunya bisa dilihat dimari, http://www.asianhomegourmet.com.. ini gegara diundang ke demo masakan thai di ranchmarket grand indonesia kapan hari ya, jadi suka dengan bumbunya.. ga ada pengawet pun msg..

di dapur ada vidaloo curry, szechuan kungpao, singapore laksa, cantonese lemon chicken.. aarrgghh ga sabar gabrukgabrukin ke ayam ato ikan ato udang..

ayo makan!

btw, kalian suka makan masakan apa? dengan bumbu apa?

Advertisements

62 comments

  1. kaya’nya pengen coba szechuannya deh ๐Ÿ˜€ , beruntungnya disini yang merk itu ada ๐Ÿ˜€ tapi yang dessertnya itu gak ada dunk ๐Ÿ˜ฆ

    1. baru ada puding almond tuh..

      1. wuaaah enaaak, coba deh ntar aku cari disini, soalnya terbatas juga yang indo stylenya

      2. ada yang mo kesana ga dari indonesia? ku titipin bumbu ini deh buat fascha juga bebe.. lengkap banget kalu di ranchmarket, mupeng pengen pilahpilih..

      3. hehehe kebetulan belom ada mbak… ntar aja deh kl stoknya udah abis mw nitip yaaah ๐Ÿ˜€ , makasiiih

      4. seeepp, kasih tahu aja ya..

      5. ok, makasiiiiih banyak banyaaak!

    2. Waa di Stockholm ada Cha? aku belum pernah liat nih bumbu yg ini di toko asia. Tapi di helsingborg toko asianya kecil3. Mungkin harus ke Malmรถ dulu.

      Aku sendiri masih setia pake bumbu bamboe mba Tin. Udah cocok sama rasanya.

      1. Ada bรฉ, tapi macamnya gak banyak, ntar deh aku potoin kl pas ke kota macam2nya asian gourmet yg ada disini yah

  2. Memang masak itu gampang.heu heu heu….salam osengยฒ Tin….

    1. asik bikin osengoseng ya..

  3. Mbak Tin, itu bukunya mbak Tin pa? Masakkannya menggoda semua mbakyu ^^

    1. bukan buku ika, itu bumbu.. waktu itu ikutan demo masakan thailand, dapat bumbu gratis, terus jadi suka deh..

      1. Oalah, dimaafken mbakyu. Hu..hu..kurang menyimak, minta dijewer ^^

      2. *dijewer sayang.. ๐Ÿ˜€

  4. Ada berapa jenis bumbunya Mbak ? wah.. ranchmarket aja yg jual ya, jarang ke ranchmarket ni..

    1. ada di hypermart, care4, lotte juga kog.. cuma di ranchmarket lebih kumplit.. berapa ya, banyak lah.. ga semua ku pilih sih..

  5. Cara nyuci bau bawang dengan sendok gimana mbak tin???? Baru pertama kali denger sech

    1. cuci aja tangan dengan sendok/garpu/piso yang stainlessteel itu.. baunya otomatis hilang tuh..

      1. Cuci bersamaan gitu yah mbak tin???? Gak perlu sabun???

      2. ga perlu sabun.. coba aja abis iris bawang dan tangannya bau bawang, terutama bawang putih, terus gocekgocek di air dengan sendok/garpu/piso yang stainlessteel ya..

  6. Ada embel2 [mungkin buat yang lain masih mahal]-nya… hehehe…

    Kalo aku tipe malas masak mba Tin. Mungkin bertahun2 hidup ngekos kali yaa jadi seringnya yang praktis2 aja. Apalagi di kos ngga boleh masa. Di rumah (kalo lg pulang) juga malas masak karena bokap terlalu udah melekat rasa masakan nyokap, jadi masakan anak2nya dirasa anyep doang, jadi pada malas masak hehehe…

    1. sekarang kalu pulang ke rumah mama, daku dinobatkan jadi juru masak.. ga ada yang protes sih walupun masakanku ga selezat mama.. ๐Ÿ˜€

      iya lumayanlah harga bumbu ini dibanding beli di pasar yang bumbu rendang aja bisa 2000 saja, sementara di sumpermarket bisa 5000 saja, disini 3 kalinya lebih deh, hampir 20rb..

      1. Kalo mba tin dinobatkan jadi chef keluarga mah aku percaya 1000 % secara postingan masaknya buanyaakk… Udah penggilan jiwa ituu…^^

      2. Oya… disini 3 kalinya lebih itu di mana Mba tin?

  7. aku banget, ga mau repot kalo masak, gabrukgabruk

    1. toooozz yang penting praktis dan enak ya..

      1. betull, tapi kadang walaupun ga enak asal buatan sendiri, masuk aja hihi

  8. merk Bamboe juga bebas MSG dan pengawet lho mbak tin ๐Ÿ™‚
    aku suka banget nasgor ama sop nya.

    1. masak mbak? berarti nggak salah keseringan bumbu praktis yg ini

      1. iya mbak. bandingkan aja ingredient list-nya Bamboe dan Indofood. merk Indofood jauh lbh puanjang dan penuh dengan nama2 berbau kimia, hehehe.

      2. langganan sementara cuman soto madura+ayam and rawon. lainnya bumbu made in dewe

  9. jadi ceritanya asal cemplung2 gitu? pasti mbak tin bisa banget bikin tiruan bumbu hasil gabrukin dapur sendiri, ya nggak mbak?

  10. Iyaah..masak itu sesuatu yang bisa dipelajari dan dibiasakan ya. Hehe..
    Aku pas awal di Belanda malah semangat bgt masak lama2 capek sendiri dan berasa ngabisin waktu. Haha.. Mungkin masih blm kebiasa mengerjakan sesuatu yg berurutan saat masak, jd di tengah2 suka kelupaan sesuatu dan akhirnya jd lama. Apalagi kalau masak lebih dari satu macem (mesti disambi). Kalau di rumah masaknya sambil dikasih instruksi mama jd kayaknya efisien banget waktunya. Mesti banyak belajar nih.

    Btw itu bumbu ga ada bahan pengawet berarti kadaluarsanya cepet gt mbak?

  11. iya semua bisa kalo emang mau belajar ya… ๐Ÿ˜›
    kayak gua sih.. emang gak bisa masak… bisanya makan. hahahaa.

  12. kalau udah mahir, bahan apa pun bisa jadi makanan lezat.

    saya bagian nyicip aja deh ๐Ÿ˜€

  13. Suka masak indomi dan goreng tempe, tahu kenapa ?
    Paling gampaaaaang

  14. kadang suka pakai bumbu instant kayak gini
    tapi kadang lebih suka pakai bumbu asli
    ya tergantung selera sih =))

  15. Udah nyobain thai green curry-nya, tp kayaknya kemanisan buat lidah indo-ku….
    emang sih green curry itu biasanya gak pedas tp krn kbiasaannya pake cabe rawit ijo klo masak kari ijo ala padang, makanya yg ala tailand jd gak sesuai ama lidah…
    tp gak ada yg seenak ‘made from scratch mbak…..
    merk in rada mahal pun….heheh

  16. Pudingnya kren..

  17. mbaaa TIn, aku jadi pengen nyoba2 kalo ada di medan pengen beli ah, kalo gak ada nitip yaaa hehehe sekalian nitip macha *ahh banyak maunya anak ini, ditimpuk aja hehe*

  18. ngiler sama puding almond nya mba.. di bandung kira2 ada nya dimana ya? kaya nya gak pernah liat di griya *tempat beli keperluan bulanan*

  19. haduh mba jadi lapeer, pengen nyobain yang puding almond itu ah kapan-kapan..

  20. mbak tin, itu masakannya menggiurkan semua daah….jadi pingin masak ah,hehe..

  21. Yeayyyyy…ini karena Mbak Tin pinter masak..gabrug asalpun tetep enak…coba sayaa….???? ๐Ÿ˜ฆ

  22. Aku dong, mbak tin, bisa makan banyak! #ditoyor

    iya, semua kembali kepada niat yah, mbak tin.

  23. paling suka masak pecel. bumbunya selalu bumbu pecel yang sudah jadi mb heheheee.
    setujuu sm kalimat memasak itu sebenarny mmg tgantung niat. kalo aku kasusnya sudah niat bangeeet tp eksekusinya itu…kadang nggak terlaksana T^T

  24. jadi pengen nyobaaa ;d

    mba tintin kalo gda pengawet gda msg itu tahannya berapa lama gitu, itu bumbu?

  25. Mbaak Tiiinnnn,… aku mauuuuu donk tepung jely rasa almond nyya ๐Ÿ˜†
    kemarin nyari2 blm dapat ๐Ÿ˜ฆ btw itu belinya di carrefour atau lotte gtu ada nggak yaa??
    soalnya lagi demam dapur nih, bawaannya pengen bikin ini itu (bawaannya juga doyan makan)

  26. mantap..gabruk gabruk jadi enak
    setuju, bisa karena biasa

  27. Akang mah nggak ikutan urusan ginian ah :mrgreen: ikut urusan ngabisin makanannya aja ๐Ÿ™‚

  28. pingkanrizkiarto · · Reply

    jadi pengen nyobain ntu bumbu, aku emang gak suka masak sayur, ribet ama bumbunya….

  29. Karena ga suka memasak, maka bagi saya memasak itu ga gampang. Tapi makannya gampang sih, hehehee

  30. sebenernya aku jg suka utak atik memasak mbak, tp ga suka klo dah bagian beberes dapur dan alat2nya hahahaahha… itu pudding bikin ngiler, seger bgt liatnya…

  31. Sekarang sudah banyak bumbu instan kayak gitu, jadi tambah gampang (buat yang bisa masak) hehehe

  32. Masak itu gampang kalo pake hati kata nya, aku perna ikut kelas memasak dah hasil nya ancur berantakan karena hati ku kata nya terlalu keras ๐Ÿ˜ฆ

    1. hahahah yang bener mas Cumi? ๐Ÿ˜€

  33. Aku juga karena sekarang masih tinggal di rumah ortu, jadi jarang masak karena dapur ‘dikuasai’ oleh mamaku. Beda dulu jaman masih ngekos, sesekali masih suka masak buat makan sendiri hihihi.

  34. setuju mbak, memasak itu gampang untuk yang sudah biasa masak ๐Ÿ˜€ tapi sebenernya sih tergantung sama ada niat masak atau nggak ๐Ÿ˜€

  35. Wah bumbu instan tanpa ribet ya tp bhya jga konsumsi setiap hari ๐Ÿ˜ฆ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: