dendam jaman batu

ELUGUEELUGUE.. weekend kemaren daku reuni perak, kebanyak teman emang kalu membahasakan diri dan ke orang lain itu elugue elugue.. walo udah lebih 25 taon tinggal di jakarta, daku ga terbiasa membahasakan diri elugue elugue, tetap aku dan kamu, bukan elu dan gue.. nah, ditegor aja dong, elu kalu udah omong gitu, namanya elu ganjen, sksd.. eh masa ya, ada yang berfikiran kalu berganti kata aku dan kamu itu lebih intim? iihh teori darimana tuh..

SETIA.. belom lama ada yang bertanya apa itu definisi setia.. daku mo cerita panjang kali lebar tapi takut ga nyampe maksudnya, jadi daku jawab, setia itu komitmen.. menurut kalian apa sih setia itu? *serius bertanya.. ini gegara daku cerita, ketemu sodara yang bawa sekretarisnya menonton, kita satu bioskop, dan tengah malam sodara datang bercerita kenapa dia begitu.. *penting gitu sampe perlu menjelaskan? setia emang barang langka ya..

PRIVASI.. beginigini daku diajari sejak kecil, hargai privasi orang.. jadi kalu ada surat ato diari ato dompet, ga boleh dibuka kecuali yang bersangkutan berkenan.. apalagi jaman handphone.. dan tadi siang ada adik yang datang dari semarang, numpang transit aja di rumah, sebab penerbangan lanjutnya ke kalimantan jam malam.. telepon di rumah lagi tulalit, jadi dia pinjam hape, sebab chargernya ga bawa aja tuh.. ehyah, dadak dia nyelutuk begini, “mbak, papih itu siapa? selingkuhan ya?”.. doohh, kenapa pula bacabaca whatsap orang? karena bete, ku jawab, “kalu emang selingkuhan, terus kenapa?”.. iihh punya adik reseh ga banget lah..

RENCANA YANG DIKETAWAIN TUHAN.. nah, tadi pagi ceritanya daku berencana ke jogya, suntuk lah, jadi pengen berlibur gitu, apalagi lagi ada meet up tementemen juga.. ternyata yang namanya weekend, fully book aja itu kapal udara, pengennya sih P4, pergi pagi pulang petang, ya blom jodoh aja kesana.. jadi sepagian sampe siang, daku caricari tiket aja dong, dan gagal total.. ada sih siang, cuma sampe sana makan gudeg terus pulang? ya ga banget gitu.. daku boleh bikin rencana, tetep tuhan yang ketawa.. 

eh, terus ceritanya kog ga sesuai judul?

kan gini ya..

ATAS NAMA DENDAM.. dulu, kapan tahun.. ada teman curhat soal ga boleh menikah sama orang sunda, karena dianya keturunan raja diraja majapahit yang emang musuh bebuyutan sama kerajaan priangan, jadi kawin larilah mereka, dan ternyata suaminya emang kejam.. akhirnya terjadi perceraian dan bagibagilah anak seorang satu.. *ih bahasa.. nah, teman ini memberi undangan bulan agustus lalu, menikah lagi dengan orang sunda.. nahloh, jodohnya emang akang sunda kali ya.. barusan dong, sms kalu mengabarkan minggu beso mau 7 bulanan mitoni gitu, jadi daku diharapkan datang.. *eh menikah bulan agustus, tapi udah 7bulanan? doohh!..

jadi, dulu itu daku penasaran, kenapa majapahit & priangan musuh bebuyutan.. coba ya recek aja, ada ga jalan hayamwuruk di tanah sunda, ato jalan dewi pitaloka di tanah majapahit? ternyata dulu pernah terjadi perang bubat.. *efek baca gajahmada-nya langit kresna hariadi.. yatapi kan itu dulu ya.. masa dendam masih dibawa sampe sekarang? udah berapa generasi lewat itu sih?

ternyataaaaaa, saat daku siapsiap mo diundang makan [barusan dong], satu adik bercerita di lapak sebelah..

begini..

adiku ini menikah sama orang padang.. orang tanah sriwijaya.. iparku ini punya abang yang menikah sama orang kendal [sama orang mataram dong? eh kendal masuk kerajaan mataram ga sih?] dan tadi daku tanya adik kenapa si abang fesbuknya ilang? daku kog diremove? ehyah ternyata bukan daku aja, dianya juga remove adik dan adik ipar.. 

sebab..

keluargaku keturunan sunankalijaga urutan ke11 di tanah demak dari sisi mama.. terus apa hubungannya? ehyah, si abang itu merasa dia adalah titisan joko tingkir, yang dendam sama semua walisongo.. idiiiiiiiiiiiihhhh.. apapula itu.. 

jadi daku ngeguling dong.. kata omwiki sih ga segitugitunya joko tingkir yang anak asuhan sunan kalijaga ngedendam deh ah..

orang tanah sriwijaya kog jadi titisan joko tingkir?

ilmu gelap dah.. 

dendam kog dipiara ya? cerita yang mengada-ada.. audzubillah himinas syaiton nirojim..

~(,”}

malam minggu kog ceritanya serem aja.. 

pakabare manteman tercinta? semoga weekend bahagia ya.. ga kaya daku yang lagi tulalit gini..

Advertisements

57 comments

  1. Eh aku juga orang tanah sriwijaya nih mbak hahaha…. Eniwe remove meremove ini, aku baru ngeh klo ternyata aku diremove sama mantan di salah satu jejaring sosial.. Padahal aku lho ga ngapa2in dan putus baik2 dan selalu bersikap normal sama dia… *tiba2 sedih*
    *numpang curhat bolehkan*

    1. jaah sang mantan kali aja disuruh suaminya ga boleh sksd sama sesama mantan? ntar jadi clbk.. *baru tahu muse punya mantaaaaaaaaaannnnn.. ayo cerita..

      1. Belum nikah dia mbak… hahahaha… ga tau deh kenapa, cuma seingetku ada temen cewek yang bilang kangen di sosmed itu.. atau bisa jadi dia udah mau nikah hahahaha

      2. dooh, selama ini ngakunya perjaka, ga pernah pacaran, eh punya mantan aja dong.. terus, ikutan kangen? *kepo..
        jarang ngewipi ya? rajin ngetuittuit aja..

      3. Iya mbak, ngetuit juga udah mulai jarang hahahaha

      4. sekarang ku kangen kamu museeeee.. kangen ngerusuh jaman ngempi gitu.. kalian pada kemana aja sih ya..

      5. samaaaaaaaaak kangen masa2 mp yang suka cekakan klo ngasih komen 🙂

      6. ayo dong muse, posting lagi biar cekakak kakak kita..

  2. Katanya kalau anak muda di jakarta itu panggilannya berubah dari gue jadi aku artinya ada rasa, mba tin. He

    1. kata siapaaaa.. ku malah tahu kemaren reuni itu.. idih padahal dari dulu bahasaku emang aku kamu kog.. ga pernah pake elu gue elu gue.. iihh gemes sumpah..

      1. Saya liat di sinetron gitu, mba. Hehe

      2. ga pernah nonton sinetron.. suer dari dulu bahasaku emang gitu, ga pernah pake elu gue elu gue deh..
        kalu orang sunda malah nyebut nama dirinya kan ya..

      3. Nah kalau sunda saya kurang tahu, mba

      4. adiku yang nikah sama orang sunda, sekarang suka nyebut namanya sendiri.. lucu dengernya..

  3. Hhhaa… Mbaa tinnn..kangen celotehanmuu..

    1. kemana aja? bandung macet ga?

  4. yahh..minjem hpnya pake ngomong gak mbak?

    1. iya ngomong, kan hapenya kehabisan batere dan telpon rumah tulalit.. jadi deh dia pake hapeku.. abis pake dadak nyelutuk gitu.. iihh bete..

  5. dendam kesumbat

  6. Duluuu kang mas bilang, pengen nikah saya saya.. Eeehh eyang dulu kurang setuju.. Katanya orang/perempuan Sunda teh begini begitu. Tp berhubung mas Tri ngelamar duluan tanpa bilang dulu/ijin dulu Yangti, yaa apa boleh buat.. masa sudah minta anak gadis orang dibalikkin lagi hihi … Mas Tri buru2 nglamar saya, takut diambil orang *ge er tingkat dewi* 😁
    Betul mbak Tintin, orang sunda suka nyebut namanya sendiri.

    1. titin org jawa juga suka nyebut nama sendirii 😀
      tapi emg bener siy, temen2 kuliah dulu cowo suka nyebut nama sendiri, bapak2 juga msh ada di tempat kerja nyebut nama sendiri eheh

      mba tintiin, serem amir itu dendam2nya yak? –‘
      ampe segitunyah

      1. iya sopir mama dulu juga manggil dirinya pak tatang, sebagaimana kita memangilnya demikian.. dengernya sih lucu, lamalama biasa..

        iihh segitunya sampe mutusin hubungan persaudaraan masa ya..

    2. hahaha banyak ya.. ini mamaku juga kena “tulah” kata budeku sih, kan ga suka punya menantu sunda, eh dapat juga.. kutanya mama kenapa? katanya matre, ga hormat orangtua, dan blablah deh.. akhirnya mastri jadi kesayangan keluarga teh dewi nih..
      iya, itu adik yang nikah sama orang sunda juga nyebut nama diri kalu ngobrol.. jadi inget teteh juga nyebut diri kan..

      1. Iya betuul… Kadang digodain teman misalnya kalau saya bilang “wie khan ngga tau..”
        Suka ditanya lagi “Wie itu siapa sih? yang mana..??” 😀

        Iyaaaa mbak Tin, cewek Sunda terkenal matre… demen dandan dan pake perhiasan yg berlebihan… Saya mah ngga tuuuuh… Perhiasan cuma cincin nikah doang, ngga punya yg lain tuh hehe

      2. jaaahhh padahal tementemenku yang orang bandung dan bogor ga segitugitunya teteh.. termasuk teteh kan.. jadi itu cuma tipikal dari siapa sih? kisah dewi pitaloka yang suka dandan?

  7. alasan nggak jelas banget ya mbak ada dendam turun temurun .. udah berabad2 kok masih bawa2 Joko Tingkir

    1. iya mbak monda, heran deh hari gini gitu loh.. joko tarub kek ato joko sembung..

  8. saya kalau sama temen seangkatan nngomongnya elu gue elu gue, mbak 😀
    nggak biasa aku kamu…. kayanya nggam pernah ngomong aku – kamu, paling pake saya.

    beuh… itu dendam sampe keturunan2nya ikutan dendam,padahal nggak ngerasain sebab musababnya dulu awal-awal kejadian permusuhan itu

    1. biasanya kalu temen ngobrol denganku yang terbiasa elu gue elu gue, jadi ikutan aku kamu aku kamu gitu loh.. kalu sama yang lebih tua, ku bersaya dan berbapak-ibu, paling ga suka dengan kata “anda”.. iihh kaya bikin jarak gitu..
      dendam yang mengada-ngada tuh.. sampe ya memutuskan hubungan keluarga.. ya monggo ga rugi kog kita..

  9. Hmm, setia itu pengorbanan. Seperti pengorbanan Kumbakarna untuk negerinya.

    1. keren yang cinta negri seperti kumbakarna..

  10. ha ha ha.. itu sih kok jadi penganut paham primordial banget ya Mbak.. inget asal usul sampai segitunya. ..mosok perangnya sudah jaman kapan begitu dendam masih dibawa bawa ampe sekarang oleh keturunannya.. Kalo gitu ngga bakalan ada orang indo yang nikah sama orang belanda dong jadinya he he..

    1. ramudeng mbak idih deh.. ku sampe sekarang kalu denger cerita adik masih ngakak aja.. kog bisa jaman gini ya.. dendam jaman batu kebawabawa.. ga tahu dapat cerita dari mana itu.. ku aja jadi tahunya malah ngeguling omwiki..

  11. Lha Tin, pembantu aja kalo orang jawa nggak boleh disatuin sama yang sunda, nggak klop, ini menunjukkan bahwa orang indo yang katanya ramah tamah itu pendendam kelas berat 🙂

    1. bangetlah dendamnya.. kata babeku juga gitu.. orang jawa itu depannya ramah tamah baik hati sopan santun, tapi belakangnya wooh sumpah serapah, segala diomongin dan pendendam.. daku separoh jawa ga segitu kali ya mogamoga..

  12. Mba Tin… orang Padang kok jadi tanah sriwijaya? xixi…^^

    Masih ada aja ya dendam turunan ini….?

    1. kerajaan sriwijaya kan di sumatera katanya..

      masih tuh buktinya banyak.. ehtapi, pembantu mama yang jawa dan sunda baikbaik aja tuh ya..

  13. Hwaa.. baru ngalamin kejadian begini mbak kamis kemarin. Selisih paham gara2 dendam jaman batu. Aku bilang semua suku itu sama dia gak terima dan dibawa-bawalah cerita siliwangi pitaloka itu. Haduuuh aku mana tau sejarah..

    1. dooh wewet lagi ehem ehem sama akang sunda? itu sejarah lama dibawabawa aja.. jaman gini kog ga ada yang mao move on ya? mao sampe berapa turunan sih dendam dendam gitu.. jadi orang endonesah sajalah..

  14. Setia itu komitmen… gw setuju…

    privasi org harus dijaga… gw setuju…

    cerita yg terakhir itu… asli antik bgt ya… hahaha

    1. iya antik super.. katanya katanya tapi ya kejadian.. iih ga banget itu dendam.. kenal juga kaga sama moyang moyang jaman kuda gigit besi..

  15. Nggak suka sama orang pendendam hidupnya nggak bakal tenang hahaha *iih ngomong apaaan siee*, ehem kendal bukannya di jawa tengah ya mba hehehe

    1. kendal jawa tengah, kan jateng itu buminya mataram?

  16. Ampun deh, ada ya orang jaman udah maju gini masih aja pikirannya kolot. Nggak tahu juntrungannya and ga kena efek perseteruan jaman jebot juga masiiih aja dikait2kan. *tepok jidat dah*

    1. *sodorin bantal.. tepok jidadnya dimari aja ya.. jangan ditembok.. 😀

      ku aja ga mikir kesana, tapi kog masih ada yang begitu ya? apa udah dicocolin sejarah keluarga dari kecil secara turun temurun?

  17. Bagi saya setia itu tetep pada pendiriannya…

    1. toozz erit.. kukuh teguh lapis baja ya pendiriannya.. ga mungkin goyah..

  18. dedekusnpeace · · Reply

    Setia itu,…. aku banget hehe…
    eh dendamnya aneh bangets…. pake bawa2 keturunan. Keturunan kerajaan, jadoel bangets. 🙂

    1. kalo ga ada yang belajar sejarah ga bakal ada dendam kali? terkubur aja.. ga usah tahu silsilah gitu kali ya..
      aha yang setia..

  19. Tiba2 jd pengen liburan P4 ke Bangka abis baca postingan ini, hehehe
    Setia itu PILIHAN mbak, klo komitmen itu setia krn ada ikatannya, jd klo ada distraksi seSEDUKTIF apapun (incase muda, cantik n “applied”able a.k.a bs diapa2ain) seorang pria ttp stick sm pasanganya (sok bijak*gubrak!!!)
    kmrn aku curhat tg temenku yg nujuh bulanan walau br nikah 5 bulan, trus kakakku bilang, “hindari segala sesuatu slagi masih bs dihindari, IMAN boleh kuat, tp “IMRON” kamu yg gak kuat nahan!!!……..
    kalo hormon n “lust” yg bicara, udah deh, bs lupa segalanya
    btw, seorang pendendam itu biarin aja mbak, hidupnya juga dibatasi sama perasaannya makanya susah buat maju….

    1. ku juga pengen ke bangka hohoho..
      wooh chef dedy pengalaman nih soal setia.. iman boleh kuat, tapi imron ada aja dah.. kakaknya keren tuh, pasti imronnya sering tergoda ya? *eh?

      iya tuh yang suka dendam ga mao maju, tutup kaca mata kuda..

  20. Mbak Tiiiinnnnn……kalo cerita lucu deeehhhh !!! !!!palagi yg terakhir tuh hahaha

    1. ada yang lebih lucu lagi.. ini tetangga cerita kalu dia sebel sama orang jawa, karena pendendam, eh dianya ga sadar kalu dia juga orang jawa, katanya orang solo bukan orang jawa, tapi orang solo, bukan jawa.. *bingung sendiri, buka peta, emang solo dimana toh..

  21. hahahaha ada2 aja mbak…titisan joko tingkir?..kenapa gak titisan jaka sembung aja >_<

    1. lebih asik joko tarub kan? ngintipin bidadari mandi.. 😀

  22. diah indri · · Reply

    hahahah dendam yg lucu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: