edukasi

i need you cesar millan.. aarrhh, belum lama ada anak-anak main sepeda pagi-pagi di hari bukan hari minggu, dan dikejar helen-momo-bronie, teriak-teriaklah dia, bikin kaget semua orang sekitar rumah.. kawatir ada apa-apa, takut anak orang dikejar anjing naik sepeda sampai masuk got gitu, jadi saya keluar, ternyata memang ada tetangga sekitar rumah yang parno dengan anjing, eh bukan parno lagi kali ya, tapi emang benci anjing, bahkan sampai harus ditimpuk batu.. malah ada tukang aqua tidak mau datang kerumah sebelum anjing di rumah dikandangin atau dirantai.. iihh sedih..

padahal anjing itu sahabat kita.. kalau ada yang lari, anjing yang jiwanya pemburupun ikutan lari, bukan mau menggigit, tapi diajak bermain.. dan anjing bisa merasakan aura takut atau tidak percaya diri kita, bahkan penyakit.. kita yang harus tegas pada anjing.. kenapa parno duluan kalau digonggongin ya? menggonggong belum tentu menggigit.. anjing-anjing saya tidak pernah menggigit orang, tapi mengejar iya, karena saya suka ajak bermain lari-larian.. padahal, kalau anjing dicuekin ya ga digonggong, jangan lihat matanya, cuek saja berjalan, ga perlu berlari ataupun takut.. pengen deh mengedukasi warga sekitar rumah kalau tidak perlu takut pada anjing.. di national geography ada program dog whisperer, di tipi lokal ada tidak ya? semoga pada bisa menonton, itu program sangat mendidik..

ini diakui satu sahabat saya yang parno sama anjing, setelah menontonnya dia jadi mengerti.. jadi kalau ketemu anjing, dia cuek saja jalan, yang dulunya dia malah memutar gegara takut digigit.. kalau ada anjing menggonggong ya sudah lewat saja.. sebener anjingpun takut.. gonggongan adalah “satu penyelamat” yang membuat orang lainpun takut.. padahal ya anjing lebih gede dari kita..

karena kebiasaan.. belum lama saya mampir ke ikea, iihh itu satu toko yang bikin saya betah.. saat kesana kemarin itu saya kog dejavu ya.. kayanya setiap ikea dimana saja “wajah”nya sama.. biru kuning dengan layout yang sama dinegara mana saja.. stardarisasii gitu..dan yang bikin saya miris adalah banyak yang tidak tahu fungsinya pensil yang tersedia juga penggaris kertas.. padahal disitu ada komunikatornya yang siap sedia.. dan saat makan, ada yang masih potong antrian.. malah ada yang komen judes saat kitanya harus self service, saat ambil burger juga kopi.. masa ya ga bisa ambil sausnya sendiri? habis itu saat makanan selesai, ada sisa bungkusan, eh ditinggal begitu saja, bahkan ada yang dibuang ke lantai, padahal tempat sampah ada disampingnya..

ini karena kebiasaan?

padahal sebelumnya saya ngikik terus terbahak-bahak sekaligus tersindir dengan “slogan: INI SEBABNYA” yang tertampang jelas di gudang saat mau ke kasir..

juga barusan dong, ke pesta ulangtahun yang temanya saya suka.. dimana ini seperti pesta kebun tapi santai gitu.. dan anak-anak bikin layangan sendiri, karena halaman tempat bermain luas, jadi bisa layangan sekaligus.. makanannya pun dibikin sendiri, semacam spageti (tinggal ambil saos juga keju juga daging), burger, hotdog.. simpel deh.. tapi, idih walau datang dengan mercy, tetep ya buang sampah sembarangan, seolah itu taman seluas itu adalah tempat sampah, padahal disediakan tuh tempat sampah khusus sendiri.. tuan rumah melihatnya geleng-geleng pala kali ya, dan saat saya memunggut sampah didekat saya, tuan rumah melihat dengan senyum terimakasih.. kenapa ya, kita tidak mendidik anak-anak kita buang sampah pada tempatnya?

pembantu juga butuh fesbukan.. pembantu saya ada tiga kali dalam seminggu minta pulsa, toh nantinya dipotong gaji.. saya tanya kenapa cepat sekali pulsanya habis, katanya dipakai fesbukan.. pengen ngomel ga jadi.. pelan-pelan saya hanya bilang, kalau pekerjaan beres baru boleh fesbukan, jangan sampai keasikan fesbukan pekerjaan terlantar, dia disini kan untuk bekerja bukan untuk fesbukan, ada prioritasnya.. sementara ponakan saya bilang, iihh sudah ga jamannya fesbukan, ini jaman tuiteran dan pat-patan (path gitu maksud).. padahal duitnya bisa ditabung untuk hal yang penting ketimbang fesbukan.. walau seminggu 30ribu, sebulan berapa itu? ada saran memakai internet irit dengan kartu as dan im3? iihh si pembantu ini narsis deh simcardnya ada 2 nomor gitu.. minta diisi dua-duanya tiga kali.. *gigit-gigit kemplang..

satu ginjal..  kita bisa kog hidup dengan satu ginjal, kita ga perlu dua ginjal, yang penting ginjal kita sehat.. jadi saat ada yang butuh ginjal, kalau cocok mau deh saya sumbang ginjal saya, asal ginjal saya sehat.. maren ada sodara yang ginjalnya akut, jadi dia transplantasi dan itu di cina, sebab beberapa keluarganya takut mati kalau diambil ginjalnya.. iihh padahal kalau ginjal saya sehat dua-duanya mau deh saya kasih satu..

diam itu emas? iya diam itu emas, tapi dengan diam kita ga tahu kebenaran.. ada satu teman bilang saya munafik, bahkan saya membantu seseorang berbohong kalau saya hanya diam saja, padahal saya tahu rahasia dia.. bukan rahasia lagi kalau dianya juga tahu kan? kenapa harus saya jadi pembilang rahasia-rahasianya? emang kalau orang punya rahasia tidak boleh? ini mah soal sudut pandang.. iihh pasti bosan kalau saya bilang soal sudut pandang melulu.. apadeh.. muter-muter dijelaskan juga ga bakalan nyambung..

lulus cpns itu KKN, ga lulus itu begok.. itu katanya first daughter.. belom lama kakaknya bilang sebel sama wartawan karena bilang dia anak haram.. terus adiknya punya blog lucu, suka menulis dengan bahasa gaul.. kayanya ketiga anak utama indonesia ini kudu didampingi pakar komunikasi biar ga dibully sosial media indonesia yang suka menghakimi.. jadi belajar dari ibu negara memonya aira & airlangga..

selamat akhir pekan.. selamat tahun baru 1436 hijriyah..

17 comments

  1. happy wiken juga Mbak Tintin…
    seperti biasa, postingannya banyak tema ^^

  2. intinya mungkin, kalau seseorang makin banyak ilmunya dan makin luas wawasannya dan mengamalkan ilmunya tersebut…. dunia akan lebih baik

  3. Kalo soal anjing dulu juga takuuuut banget dan setelah nonton si cesar jadi ngeh. Kasihan kalo sampe ditimpuk gitu ya Mba.
    Btw miris loh baca orang sini yang masih gak bisa ikutin budaya self service itu Mba Tin.

  4. Duluuu waktu aku kecil juga takut banget sama anjing. Liat anjing langsung gemeteran dan lari. Jadinya pernah dikejar sampai jatuh deh. Tapi sekarang, masih agak takut juga sih. Tapi sudah cukup bisa mengendalikan.

  5. aku juga risih sama semua hewan berbulu, termasuk anjing, kucing kelinci dll,
    mau ras apapun itu, hehehe

    1. sodori boneka santaklaus yang banyak bulunya.. (dilemper ga tuh?)

      1. tergantung, klo bs gerak aku lempar juga hahaha….

  6. wah wah makasi mba Tin ceritanya tentang anjing, bisa aku sampaikan ke anak-anakku yang takut anjing. maklum, deket rumahku sekarang ada dua tetangga yang punya anjing. Soal IKEA dan self servicenya, ternyata kalangan menengah ke atas aja gitu ya, apalagi yang menengah ke bawah, hihi podo koprosnya (sama joroknya). Eh, jangan2 aku jg masih suka buang sampah sembarangan *maluhati.

    1. yang penting jangan teriakteriak dan lari kalu dideketin anjing, cuek kabeh, dan jangan dilihatin, asli deh cuek saja dan jalan terus.. jangan pake rasa takut.. berani gitu.. aura takut kita bikin anjing juga takut dan tambah gonggonglah..
      iya maren juga kesana lagi, ada ibuibu pake tas hermes tapi buang tisu gitu aja.. pengen ku taroh tisunya di tas hermes itu dah.. tasnya asli kelakuan kw..

      1. siiip, noted mba Tin.

  7. Ahaaaaaaaaaaaaaa.. sebetulnya aku lagi mau cari ladang baru neh.. as kayaknya mulai bosan dengan fb.. kayak pasar.. cuman belum ketemu yang bagus…katanya path bagus yach??

    1. punya path tapi ga kepake, pusing lah banyak sosmed, ini aja suka ga keurus.. pengen fokus wp aja dulu.. path katanya cuma buat intern aja yang kenal dowang gitu.. semacam twitter & instagram gitu..

  8. Aduh topiknya banyak buanget. Bingung komen yang mana…
    Mmmh… Aku masih takud deh ama anjing . Masih melekat doa yg diajarkan buat menghalau gonggongan.

    1. ina sehat selalu ya.. dibaca santai aja.. kalu bikin satu topik ntar banyak dong postingannya, jadi sekalian deh random tumplek.. ada doa menghalau anjing? baru tahu..

  9. Haryo Wicaksono · · Reply

    “anjing bisa merasakan aura takut atau tidak percaya diri kita, bahkan penyakit.. ”
    Pasti sudah khatam nonton dog whisperer ya mbak? 😀

    1. bukan khatam lagi kali? how are you haryo?

      1. Haryo Wicaksono · ·

        Alhamdulillah sehat Mbak, Saya sudah di Jakarta 5 bulan.. hehe

Leave a Reply

