[idfb challenge] nasi goreng hongkong

sajiansedap

sampai akhir bulan ini, indonesian food blogger mengadakan challenge kreasi dapur bersama sajian sedap.. tadinya saya mau bikin lontong balap, tapi saya galau di kulkas tinggal petis secuil dowang, jadi begitu parut singkong untuk membuat lento, malah saya isi oncom (kebetulan ada sisa tumisan oncom), jadilah combro berbalut parutan singkong dengan kacang tolo.. lalu saya bikin perkedel jagung, yang menjadi menu terpopuler dengan irisan daun ketumbar, tapi saya ganti daun basil (alih-alih kemangi, sebab ada sisa daun basil untuk pizza) dan karena harus sesuai menu dari sajian sedap, saya ganti menu lain, jadi saya masih galau..

P1040375

akhirnya bikin nasi goreng hongkong setelah melihat menu terpopuler di sajian sedap juga isi kulkas.. bahannya mudah didapat, juga selalu ada di pasar.. dan terutama lagi, ternyata ada bahan pengganti yang halal.. jadi saya tak kawatir membuka resep di sajian sedap, selalu ada solusi di masakan kita..

bahan & bumbu nasi goreng hongkong adalah:

  • 3 siung bawang putih dicincang
  • dua buah cabai merah diiris (saya buang bijinya)
  • 100 gram daging ayam dipotong kotak 1 cm (saya pilih fillet ayam agak beku agar bisa mudah dipotong kotak)
  • 150 gram udang kupas
  • 6 buah bakso ikan dipotong 2 bagian (saya potong 4 deh)
  • 2 batang daun bawang diiris
  • 2 butir telur ditambah 1/4 sdt garam dikocok lepas (dan diorak-arik, sisihkan. ehtapi saya juga bikin telor dadar biar narsis nasi gorengnya difoto jadi manis)
  • 450 gram nasi dingin
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 sdt kecap inggris lokal
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 1/4 sdt garam
  • 1 sdm angciu (nah ini yang saya ganti dengan kecap asin & peresan jeruk limau, ehternyata adanya jeruk nipis)

cara mengolahnya:

  1. tumis bawang putih dan cabai sampai harum, kemudian masukan daging ayam dan udang, aduk sampai matang
  2. masukan daun bawang, aduk sampai layu, kemudian masukan orak-arik telur dan bakso ikan, aduk sampai berbutir-butir
  3. tambahkan nasi, aduk hingga merata
  4. tambahkan kecap ikan, kecap inggris, merica, garam, dan angciu (yang saya ganti kecap asin & peresan jeruk limau [larat jeruk nipis ya]) sambil diaduk agar bumbu meresap
  5. sajikan hangat, dan saya sajikan dengan telur dadar lagi

sajiansedap1

rasanya bikin nambah.. tak cukup bikin hanya sekali.. dan yang saya suka diresep ini adalah mudah didapat di dapur mana saja, juga di pasar, walaupun resep dari hongkong.. dan yang penting buat saya adalah resep ini ada penggantinya jika bumbunya dirasa tidak halal, seperti angciu yang bisa diganti kecap asin & peresan jeruk limau.. ilmu kuliner saya jadi bertambah.. saya tak akan ragu mencoba resep asing dengan bumbu mirin yang bisa diganti jus anggur & peresan jeruk lemon, atau red wine yang bisa diganti campuran jus anggur, jus cranberi & jus tomat.. walaupun rasanya tak mendekati asli, tapi sudah menambah pengetahuan saya akan sajian yang sedap dan tentu saja halal..

sajiansedap2

ayo utak-atik sajian sedap dan indonesian food blogger.. banyak resep asik disana juga bahannya mudah didapat..

selamat akhir pekan..

 

15 comments

  1. klo yg asli pake lap chiong/ sosis cina kering yg dr daging babi sama sitaburin pork skin crackling(sejenis rembak dr kulit babi)
    itu telurnya emang sexy mbak, hahaha

    1. Iya, aid ku juga bilang gitu, isinya lebih “meriah”.. Ini baca menunya ada bagian yang menarik seperti pengganti angciu.. Dijajal deh jadinya..

  2. Pasti enak nyoba ach

    1. asik bikin nasgor deh pakdhe.. how are you pada..

  3. Nasi goreng selalu menggugah selera. Tapi saya biasanya lebih sukses masak mi goreng ketimbang nasi goreng 😀

    1. Sebener sama Aja ya prosesnya, cuma beda mie ato telur dan bumbunya tetep sama.

  4. enaaaaaak
    lempar ke kediri mbak

    1. Mampirlah sini. Di kediri juga ada nasi goreng khas ya?

      1. Ada kok mbak
        Tapi biasalah mbak rumput tetangga pasti lebih hijau

  5. Tin, angciu rasanya kan sama sekali beda dengan kecap asin plus limau ?

    1. Ho oh rasa ya beda, tapi kalo kecap asin dikasih limau, agak mirip rasanya, namanya juga angciu kw1.. Tadinya mikir kecap manis diperes jeruk buat obat batuk..

  6. keliatannya enak nih…

    1. Ayo ikutan masak juga dong. Sajiansedap.com gam pang diakses di America kan man?

  7. sepertinya enak tuh mba… jadi lapar.

  8. Mau nyobain dong dong 🙂

Leave a comment