the legend is back.. KEMANG STEAK is back!

kemangsteak00

hurray kemang steak is back!  jadi saat mendapat undangan makan steak legenda ini, saya semangat sekali.. ehtapih ya ampun jauh ya di pantai indah kapuk sana (napa ga di haji nawi lagi saja sih?).. ternyata hanya setengah jam saja naik suttle bus dari sudirman.. bener loh, setengah jam saja via tol dalam kota.. *thank you mbak dian safitri.. dan kesananya ramai-ramai berombongan dengan idfb-er tercinta.. kita melewati rumah princess syahrini loh yang atapnya bermahkota cute itu (iihh info ga penting ya?)..

ibu hajjah henny menyambut loh

ibu hajjah henny menyambut loh

begitu sampai, saya terpesona dengan kursi yang diduduki moo moo di pintu depan, dan disambut ibu hajjah henny yang ramah.. dindingnya dipenuhi “artefak” jadul, juga tulisan yang keren dengan quote.. resto bernuansa rustic yang kekeluargaan ini hangat seperti di rumah, dan ruangannya berkapasitas 108 kursi, tersedia wifi (passwordnya lucu, satu nama steak juga loh~kasih tahu ga ya?), tayangan televisi berlangganan, area parkir luas, sistem pembayaran bisa tunai, creditcard, atau debitcard, lokasinya pun strategis, bisa terjangkau dengan akses tol juga non tol..

kemangsteak3

dulu waktu saya masih kerja di radio dalam, sering nge-lunch dengan bos dan teman-teman di pondok kemang steak di jalan haji nawi ini, jadi penasaran apakah sausnya yang terkenal itu masih punya rasa nostalgia di lidah saya.. ehiyah ternyata loh, iya banget rasa dulunya.. jadi saya langsung sms sahabat saya yang suka makan disini dulu..

kemangsteak4

dan kita langsung duduk di lantai atas, langsung disajikan menu pilihan untuk food blogger event.. yaitu:

  • choice of main dish (served w/ salad & potato wedges): tbone 175gr/beef ribs/red snapper/lam chop/chicken thigh fillet (mayonaise, mustard, steamed rice/mashed potato are served upon request)
  • steak doneness: rare/medium rare/medium/medium well/well done
  • choice of drink: hot or iced tea (refillable)/lychee tea/coke/sprite/fanta/fresh lime kemang/mixed juice

kemangsteak6

saya memilih tbone yang dimasak medium well dan fresh lime kemang.. dan sambil menunggu pesanan datang, ibu hajjah henny, mbak endah, mbak asih, dan pak david very mendongeng memperkenalkan legenda steak yang kembali setelah 5 tahun hibernasi..

kemangsteak5

jadi ceritanya, sejak 29 november 2014, kemang steak yang tahun 1992 ngebul di kemang dan 1993-2009 di jalan haji nawi di jakarta selatan dengan nama pondok steak ini kembali hadir setelah 5 tahun tutup, berlokasi di ruko crown golf A 53, pantai indah kapuk, jakarta utara, iihh ujung ke ujung ya, dari selatan ke utara.. dan siap menyajikan steak impor rasa indonesia dalam suasana modern yang nyaman dengan harga terjangkau.. bener loh ga meres kantong makan steak disini.. ohiyah, di buku menunya ada loh sejarah kemang steak ini, jadi kenapa namanya kemang steak ada di jalan haji nawi, dan sekarang malah di pantai indah kapuk? nah, ketimbang saya ngedongeng, mending kesini sajalah baca sejarahnya di buku menu..

kemangsteak8

proses memasaknya tanpa dimarinasi (didiamkan dengan bumbu), dimana steaknya langsung dibakar segar-segar dengan olesan bumbu diatas bara arang batok kelapa, serta disajikan dengan signature bbq sauce dengan resep asli dan dibawa supervisi keluarga ibu hajjah henny (pendiri pondok kemang steak).. rasa sausnya bikin nostalgia lidah saya serasa masih tahun 90an..  saus barbeque yang aromatik dengan perpaduan rempah dan lada hitam ini adalah penyempurna paling wahid di semua menu steak..

menu andalan kemang steak adalah australian sirloin steak dan beef ribs.. ada menu steak sapi impor dan lokal, seperti tenderloin, rib eye, tbone, lamb chop, salmon, john dorry, kakap dan chicken fillet.. steak ini rata-rata memiliki berat 135gr hingga 285gr.. disajikan lengkap dengan side dish potato wedges dan salad ala indonesia berupa tumisan wortel, buncis, jagung serta mayonaise yang semuanya dibuat sendiri dari bahan segar (bukan produk kemasan).. nasi putih dan mashed potato bisa jadi pilihan kalau saladnya tidak cukup untuk perut indonesia..

steak ini 100% halal dan tidak usah pusing dengan cara makan steak yang lazim ala barat, disini pengunjung kemang steak bisa menambah saus sesuka lidah, tidak sungkan memilih kematangan steak, pakai nasi putih makan steak, pakai tangan ga dilarang, yang penting “you can just eat the way you want to eat”, gitu kata pak david very susanto, managing director kemang steak.. seperti kita mau makan di rumah, disini pun demikian..

kemangsteak7

pesanan saya ternyata jadi menu pertama yang datang dan dimasak well done, walau saya meminta medium well, masih empuk buat lidah saya, bumbu saucenya bikin mantap steak jadi rasa sempurna, saladnya juga bikin nostalgia, kerasa segarnya.. sampai ludes bersih deh piring saya yang tak malu-malu saya jilatin juga dengan jejari telunjuk (iihh tutup muka).. fresh lime kemangnya sangat sempurna buat lidah saya yang tidak begitu suka manis, sampai saya pesan lagi tanpa malu-malu (iihh tutup muka lagi deh, yang ini kena tagihan ga ya?)..

saat pulang, ada satu keluarga sedang makan di meja panjang.. dan saya melihat mbak asih sibuk di dapur depan.. wuih ternyata mbak asih yang selama ini pegang dapur, dan pak very yang melayani pelanggan yang juga sibuk seliweran.. berasa kita jadi keluarga jika dilayani seperti ini ya..

ohiyah sebelum lupa, untuk melengkapi sajian steak, ada minuman segar andalan, yaitu es kemang cincau, mixed juice dan fresh lime kemang, juga frest juices (avocad & jeruk), lychee ice tea, minuman soda, dan teh dilmah..

kemangsteak1

harga belum ppn dan pajak pelayanan:

  • local chicken fillet 45rb
  • sirloin 68rb (australian), 98rb (usa)
  • beef ribs 55rb
  • australian terderloin 55rb (135gr), 90rb (regular)
  • australian tbone 60rb (150gr), 90rb (regular)
  • australian lamb chop 70rb
  • australian rib eye 75rb, 105rb (usa)
  • salmon/john dory/red snapper 75rb
  • mashed potatoes 25rb (aduh ini enak banget lembutnya kentang rasa beludru)
  • steamed rice 10rb
  • salad 25rb
  • hot tea/ice tea 5rb
  • teh botol/air mineral 8rb
  • cocacola/fanta/sprite 10rb
  • lemon tea 10rb
  • hot/ice milo 10rb
  • dilmah hot tea 20rb
  • avocado/orange juice 20rb
  • mixed juice 20rb
  • lychee iced tea 20rb
  • fresh lime kemang 20rb
  • es kemang cincau 25rb

judulnya kita dimanja, sudah dijemput eh diantar pulang kembali dengan perut kenyang dan lidah bernostalgia.. terimakasih ya ibu hajjah henny, mbak endah, mbak asih, pak david very, mbak dian safitri, juga mbak satu lagi siapa ya namanya? dan tak lupa pak sopir suttle bus yang mengantar kita..

~(,”}

kemang steak, steak house, ruko crown golf A53, bukit golf mediterania, jl. marina indah raya, pantai indah kapuk, jakarta utara, 021-33688899

jam buka setiap hari, pukul 11.00-23.00 wib, last order: pukul 22.00 (hari kerja), 22.15 (akhir pekan)

Advertisements

26 comments

  1. Wih, mbayanginnya aja dah ngiler Mba Tin. Jauh aja tapinyah yaaa..

    1. ho oh buat dani di bsd jaohlah ujung ke ujung. tapi ini dekat dihati

  2. bikin ngiler nih….

    1. yg bikin ngiler jusru yg amrik deh tebeltebel gitu dagingnya

  3. klo aku ikutan [asti pesen lamb chop deh….

    1. paling jarang ya daging itu. tadinya mao pesen lamb juga cuma ku kangen sama steak jaman dulu ku makan.

  4. seruu.. dan bikin pagi ini pengen steak jg.. kliatan empuk.tuh daging.. hmm.. yummiii..

    1. iya dagingnya matang dan empuk. yg setengah matang lebih empuk.
      disana ada ya resto steak juga?

  5. kalau yang non beef enak gak mba?

    1. vegetarian ya? ada ayam ikan yg semua enak tinggal cocol bumbu andalan

      1. Bukan vegi mba. Cm gak makan daging sapi. Hihi.

        Kyknya bakalan ke ayam atau ikan nih.

      2. oohh alasan religi? ada juga kog daging domba. layak dicoba..

  6. Ngiler rek liat poto nya… Terkesima satu hal, setelah lima tahun tutup trus buka lagi.

    1. iya tutup untuk hibernasi hihihi banyak yg kangen sama steaknya

  7. Harga nya lumayan murah yaaa, jadi pingin nyobain 🙂

    1. kesana dong mascumi ga jaoh dah dan banyak menu variasi

  8. hah pantai indah kapuk? *jiper mode on

    1. ehtapi masuk tol cepet tuh setengah jam ga pake macet

  9. missyagiza · · Reply

    Haduh kemang markasnya makanan enak. Hmmm, cobain ah!

    1. yang ini udah pindah ke pik. disana juga enakenak makanannya..

  10. wiih iya terjangkau sekali kalau harganya di bawah 100.000
    tapi kenapa sempat tutup ya?
    dan arang batok kelapa juga memberi aroma khas ya..

    1. pengen tutup aja katanya.. dan pindahnya jauh pun tapi terjangkau dengan tol sih.. iya aromanya jadi khas banget dengan batok kelapa..

      1. jadi pengen makan steak juga 😀

  11. selamat ya mbak dapat voucher 😀

    1. makasih, iya tapi bingung kesananya mo barengbareng ah biar makan enak lagi..

      1. iya mbak..gak enak kalo sendirian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: