dibahas..

alert: agak panjang, skip kalu bosen baca.. dan ini bukan mo omongin orang ya, sebagai “catatan” dowang sih buat daku.. [jangan sampe ada yang ngebatin, kalu cuma buat daku dowang ngapain daku posting ya.. *minta dipoles parutan..]

 

tag mentag

daku suka menulis, apalagi nulis di diari, bahkan sampe sekarangpun daku masih nulis dengan pencil ato bolpen di diari, walupun sudah punya blog, sensasinya beda, dan kalu daku lihat diari lama, rasanya ada yang menggelitik.. *mulai lebai.. itu kapan hari ngebahas soal tag mentag di rumah sebelah, daku ga keberatan kalu ditag foto yang ga ada dakupun disitu.. ga penting buat daku mikirin napa sampe daku ditag, buat daku yang mentag daku masih menganggap daku teman-sahabat-kawan ato bff ato apa deh.. ternyata ada yang keberatan, apalagi yang ditag ga pentingpenting amat.. tag mentag adalah soal kedekatan, kalupun yang ga dekat itu pengen dekat ma kita.. itulah napa daku kangen diari, gimana cara daku mo ngetag diari daku ya? emang isi diari daku penting gitu buat dibaca publik?

daku sendiri jarang ngetag, jadi kalu ada lomba yang mensyaratkan kudu mentag 20 temen, kog daku keberatan.. toh ituitu juga saling mentag.. sampe kalu musim lomba menulis dalam wall daku ada 20 tag ato malah 50an dari para hantu lomba yang isinya sama sebagai syarat lomba.. akhirnya boleh juga diumumkan dimari syarat lombanya, ga perlu ngetag, toh sudah diworoworoin..

 

pasang foto

ada netiquette-nya memasang foto.. maren ada yang posting foto soal rajin olahraga tapi umur kita ga tahu, dengan foto jenazah, dan ada yang keberatan, katanya kog ga ada empati sama keluarga yang meninggal.. daku lihat fotonya kan foto selebriti, selebriti punya semua, cerita selebriti juga kita tahu, dan foto itu ga disalahgunakan, hanya dipasang sebagai peringatan.. coba yang dipasang foto bapak daku? yang meninggal mendadak jantungan padahal rajin olahraga? ya monggo, kalu foto bapak daku bisa menjadi inspirasi orang lain lebih menjaga kesehatan malah bagus ya..

yang kebangetan buat daku, kalu hedsotnya adalah foto jenazah, mbuh yang masang ngefans sama jenazah.. kog ga sopan aja, mending dia pasang foto jenazahnya dia sendiri, purapura.. *grin.. kembali, tentu saja ke sudut pandang soal sopan ga sopannya masang foto.. sapa yang lebih dirugikan sih? tentu aja soal “nyolong” foto di mbahgugel kudu dicantumin sumbernya..

 

bahasa

Saya harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis diari online [alias blog], dengan cerita yang harus saya edit yang disesuaikan dengan EYD sebelum dipublikasikan.  Demi kenyamanan kita bersama, yaitu: saya, anda, pejenengan sekalian.  Sekian.

(“,)~

bahasa endonesah daku sudah baik & benar ga? tidak ada kata serapan [eh pejenengan bahasa daerah ya].. bahasa menunjukan bangsa, ini daku sepakati.. tapi rasanya aneh kalu daku menulis bahasa endonesah yang baik dan benar, kaku, dan bukan diri kita sendiri.. kecuali daku nulis surat pengantar resmi urusan resmi, bukan urusan blog..

buat daku, berbahasa adalah bisa saling mengerti, tidak mengerti tinggal bertanya, apalagi banyak bahasa serapan di bahasa kita akibat kita bergaul dimanamana.. pun bahasa daerah.. mungkin ada sebagian yang tidak memahami bahasa gaul.. asal bukan bahasa alay.. dan cara berbahasa kita ga bisa diatur-atur, senyamannya kita berbahasa.. kalu yang lain ga ngerti bahasa daku, itu resiko daku.. 

 

aptudet

daging menghilang, tukang bakso ga juwalan, semua ngebahas harga daging impor.. memakimaki pemerintah, mengancam koruptor, omongin esbeye..

harga bawang lagi sombong, semua ngebahas bawang yang jumawah.. memakimaki pemerintah, mengancam koruptor, omongin esbeye..

tiket kereta naik dan dihapuskan kereta ekonomi, semua ngebahas CL.. memakimaki pemerintah, mengancam koruptor, omongin esbeye..

nah sekarang harga cabe yang lagi belagu, tarif listrik naik 30%, sementara gaji naik entah.. semua habahhabah.. tetep.. kenapa ya pada ngebahas yang negatif? jadi ikutan emosi deh daku bacanya.. sekalinya daku komen, eh ikutikutan beraura negatif.. emang sih kalu kita omongin yang jelek lebih wabah dibanding kita omongin yang baik.. jadi daku malas aja komen kalu ada yang kaya gitu.. 

 

gifewai

selama ngempi, daku adalah hantu lomba, dan kalu baca ada lomba, langsung deh jejari ini ketakketik, nulis tanpa mikir, nulis karena punya pengalaman dengan tema lomba, otomatis.. jadi sering postingan pertama di tiap lomba.. mmhh dimari? jejari daku ngerem sendiri, padahal asli otak udah menarinari pengen nulis, ga tahu napa semangat nulis daku menguap gitu aja.. padahal dimari lagi seliweran gifewai-gifewai-an..

ehya tanpa lombapun daku sering di-gifewai-in.. ketemu puji, dikasih yogurt & esmambo.. ketemu mbakesther, dibagi sumak-cardamon-cabekering-peterseli.. ketemu mama nathan&peter udah disiapin sayurasem, keringtempe, ayamgoreng, kerupuk.. belom lagi bulikdije bawain lelegoreng & lalapan, pun kita diantar ibukdije.. dan wewet pindahin panci kepiting buat daku kunyah sampe bibir dower.. maren dapat pesenan dari rana, daku dibikinin sketsa.. ehiya blom lama, daku dapat kartupos dari omnduut.. wuih bahagia.. tengkiu semua, peluk satusatu.. nilai gifewai ga bisa dibandingkan dengan rasa persahabatan yang ga bernilai..

 

longwiken

daku ga kemanamana, banyak yang harus diselesaikan di rumah, bikin scrapbook, potong pohon, nanam cabe, baberes cucian, ngepel-nyapu, ngebabu dah [sampe sekarang blom dapat bedinde, ya hepihepi aja].. seharian ketawa kalu baca status ngomelngomel ke bandung-puncak-bogor kena macet.. hepi longwiken manteman..

~(,”)

Advertisements

59 comments

  1. diah indri · · Reply

    Ahahahahha… Aku ga suka di taaag…
    Jangan tag akuuuuu :p
    Apalagi klo ngetagnya g ngeliat sikon, pantes g ya seorang ibu yg baru aja kehilangan anak di tag foto lahiran anaknya, berlanjut smpe foto peluk2 anaknya.
    Pas diminta jangan tag aq, malah dia nesu. Helloooo….???
    *lagi-lagi tentang yusuf*

    Tapi sudahlah smua sudah berlalu

    Yah intiny kita boleh kok mbak doing what we want namanya aja socmed share your life,
    tapi saya juga boleh dong, doing what I want, ‘said that I don’t like’
    Dan si dia harusnya ga boleh tersinggung kalau saya g mau?
    Sama-sama asertif dong ya, kedekatan tidak melulu tentang taging. Masing-masing dari kita punya tingakt kenyamanan yang berbeda.

    1. pelukpeluk indri.. sama tuh ma adiku yang anaknya meninggal eh ditag adik lain bayinya melahirkan.. mewek ga ngefesbuk dia.. tutup akunnya.. iya kitanya kudu empati ga sembarang tag, tapi kebanyak “lupa”.. emang kudu dijelasin sih ya..
      kebanyak yang ngetag kan soal kedekatan, padahal kedekatan gini justru bikin kita “lupa” dan ga sensitif.. gimana kitanya nyaman sendiri sama blog kita..
      daku kalu ga nyaman sama foto yang ditag, tinggal untag deh.. ga pake pengumuman.. gitu aja.. pernah daku jelasin waktu ditanya kog ga suka ditag? dijawab eh malah marah.. dan di-unfriend dong daku sama dia.. ya monggo kalu udah ga nyaman berteman ga usah dipaksa toh..

  2. Jd ketawa baca tulisan mbak Tintin 😀
    Pdhl lagi agak sedih sebetulnya. Mertua masuk RS kena struk, bisa jd kang mas yg balik bukan saya ntar bulan depan. Mudah2an eyang sehat kembali…aamiin.
    Jam maju 1 jam, masuk waktu musim panas, pdhl di luar suhu masih minus.
    Anak2 gadis, Ola sama Ina dan sobatnya Afra dan Mariam futu fiti pake baju baru dpt kemaren belanja, ngga pake mantel pdhl dingiiin, dasar anak gadis yg lagi ganjen 😀

    Met liburan juga mbak Tintin dan mbak Indri 🙂 hepi..hepi .. Yaaahh

    1. haduh teteh, semoga eyang segera sembuh dan diberi kesehatan biar teteh yang kesini aja.. lancar jaya..
      iya sodara di belgia juga barusan chatting, cuaca aneh.. masih minus bbbrrrrrrrr..
      mogamoga ola & ina juga sahabat mereka ga sakit ya ga pake mantel dengan suhu minus itu.. obatnya kegembiraan..
      met liburan juga buat tehdewi & mastri sekeluarga.. pelukpeluk..

  3. felis catus · · Reply

    selamat ber-long weekend mba’ Tin! Di sini lagi white easter (ahaha, musim semi palsu nih).

    1. haduh masih salju aja disana ya.. musim emang lagi acakadut, ini hujan petir loh, padahal udah masuk kemarau.. cucian jadi ga keringkering..
      happy easter.. tadi dibagi kue kering gambar kelinci dari tetangga..

  4. sepakat bin sependapat Mba Tin sama sebagian besar isi postingannya. Ditag sih gapapa tapi mbokya dipikirkeun dulu, trus kalo masang foto orang itu mbok ya pake dipikirin dulu, trus segala macem yang ditulis di sini juga sih. Kalo soal gifewai sih suka-suka aja sih ikutan… 😀

    1. tooozz sama juragan gifewai.. ada gifewai apa lagi dan? daku lagi ngumpulin semangat buat ikutan gifewai nih.. gegara ngempi bubar semangat ikutan bubar..
      iya soal tag & foto, ga semua seselera kan ya..

  5. wah muantep bacanya xixixi kalo mbak Tin lagi berhasrat nulis xixixi
    aku paling males ikut lomba nulis or foto kalo syaratnya harus nge tag berapa orang gitu
    karena aku ga mau sembarangan ngetag, aku sendiri aja mikir, penting ga hal ini buat orang yang aku tag, bisa2 ntar pikiran yang timbul adalah daku cuman pengen pamer aja ikutan lomba ini lomba itu… haduuuh mending ga usah deh.

    apa lagi lomba yang mensyaratkan punyaa acc tertentu, waaah aku nih kan tipe orang setia, jadi kalo udah dapet rumah dan ngrasa nyaman ya ogah aku kluyuran bikin rumah lagi. dan sekarang aku ngrasa nyaman dimari ya aku akan setia dengan tempat ini.

    nah lagi, soal ngejelikin esbeye, kadang memang agak gimana gitu dengernya tapi lha wis piye, lha dia sebagai bos negara kan kartu as nya di dia. kalo aku mending komen yang lain aja deh OOT misalnya hahaha, eh disini ada ga oot?

    have a nice sunday mbak Tin 😀

    1. dulu yang bikin tuing soal tag adalah waktu lomba kudu pake like banyakbanyak itu, dan ada yang nge-pm marahmarah, padahal sepupu.. kurang kerjaan gitu katanya.. terus adik ngaduh di pm bayi mulu, padahal bayinya meninggal.. [sama ma kasus indri] jadi disitu daku ga sembarang ngetag lagi dah.. apalagi baca status seliweran yang gimanagimana gitu..
      iya soal syarat lomba, kadang yang ngadain lomba sukasuka aja bikin aturan, biar gimana terserah kitanya nyaman ikutan lomba yang mana toh, mo ikuti aturannya apa engga.. ehtapi kebanyak malah ga baca peraturannya, asal posting..
      mending seruputin esloli deh daripada mikirin esbeye..
      oot? boleh banget lala.. kangen daku malah nge-oot dimari, lanjutkan sejarah empeyer sejati..
      happy easter ya lala..

      1. xixixi, iya biangnya OOT tuh ada cak Nono – bambang priantono, mbak Tin juga bisa dibilang jago hahaha

        matur nuwun mbak, Paskah ini ga dapet telur tapi malah dapet coklat haduuuh kek valenten deh jadinya….

      2. oot itu salah satu silaturahmi yang “unik” dari empeyer kan.. kayanya cuma kita yang hobinya nge-oot deh.. ayo lestarikan.. *dibalang para wipiyer..

      3. iya emang dari berbagai jejaring sosial mp yg paling asyik buat oot, orang2nya kompak banget nah sekarang dah ada beberapa yg hijrah kemari bisa juga tuh dikembangkan lagi ootnya 😀

      4. mari lestarikan ke-oot-an kita.. *apadeh..

  6. yisha ngga di tag in…….

    1. dimari bisa tag-tag-an?

  7. diah indri · · Reply

    Ya usaha untag itu udah aq lakuin mbak
    Tp untag kan g ada notif sm si empunya foto jadi g ngeh kali ya mbak dianya.
    Hbis ku blg gitu aq di blok loh mb, bbrp wktu temenan lagi tp kali ini ngetag macam2 lainnya dan oh ternyata menuntut padaku untuk komen. aku respon becandaan aja, dalam ati sih pengen bilang ‘aq kan capek klo tiap hari di tag n kudu komen’.

    Suatu kali dia lagi pengen bijak, bikin pengumuman ttg foto2nya and the bla and the blu pokoknya mbak. Yg bikin aq feed up namaku diseret2 disitu. Smua org komen mendukung dia, nah seakan-akan dakulah tertuduh disitu. Pas ku konfirm lagi dia masih innocent gitu plus mau ngamuk lagi. Ah sudah deh, beneran kalo temenan itu g boleh maksa. Klo emg masih dijodohin sma Allah temenan mgk suatu hari aq akan temenan lagi sama dia.

    Aq jg pernah dicueking nge add org ya aq jg g maksa. Pan udah pada tua harapannya bisa lebih dewasa kan ya mb. Masing2 dr kita punya aturan masing2 kalo g sesuai sm kita ya it’s ok.

    1. kenapa ya kalu mentag menuntut dikomen? kaya balas jasa gitu.. ngeposting emang niatnya dikomen? ngestatus juga? jadi inget sapa gitu yang bilang, yang kebanyak ngestatus & ngeblog adalah orang yang paling kesepian, jadi butuh perhatian dalam bentuk komenmengkomen.. *grin..
      iya berteman ga bisa dipaksa.. kalu kita nuntut pertemanan seselera kita padahal latar bedabeda, kayanya kog jadi korban perasaan aja.. kita bisa kan toleran? ga bisa toh maksain orang yang doyan tempe untuk kunyahkunyah keju, adanya eneg.. kecuali ada yang doyan tempe parut keju..

  8. Di blog ini aku semakin jarang curhat tentang keseharian. Mendingan aku bikin berkarya yang terbaik saja disini. Lebih menarik daripada cuma curhat melulu…sori, bukan ofensif, soalnya aku sudah agak kapok nyurhat di alam maya. Mending disimpen sendiri saja dan dijadikan karya yang siapa tahu suatu saat akan membawa kebaikan buat semuanya.

    Blog ini aku buat beda dengan MP dulu. Aku takkan menceritakan tentang keluarga, kerjaan bahkan diriku sendiri.

    1. apa gegara ga ada settingan private dimari? ato pengen “jalur” baru? kadang dibagi juga perlu kog m.nono kalu ada masalah, disimpen sendiri meledak sendiri sesak sendiri.. mending disharing aja..

      1. Udah males sharing2 masalah. Kadang gak ada solusi yang ngepas..sementara ini sama Yang Diatas saja dulu curhatnya.

      2. En kalau gituan mending di PM saja.

      3. udah dapat kedamaian ya dengan sharing padaNYA..
        ehya dimari udah bisa pm blom?

  9. Soal bahasa, aku sempat ngotot-ngototan di sebuah grup FB tentang peraturan bahasa. Mereka kasih peraturan tidak boleh menyingkat kata. Misalnya YANG jadi YG atau BISA jadi BS. Anggota baru yang gak tahu peraturan ini bisa dibully sana-sini (dan pake kata yang luar biasa kasar). Ckckck…

    1. kalu grup itu ga nyaman buat kita, ngapain kita maksa kehendak juga ikutan grup itu kan udah ada aturan.. yang ga tahu aturan ya monggo dikasih tahu, masa sih dibully dengan bahasa kasar pun?
      pernah dulu di empi ada grup, yang omongannya kasar, daku keluar deh dari grup itu.. omong politik mulu.. jadi daku oot aja disitu, eh dibully.. males baca ya remove dari grup..

  10. Mbak tin masih inget aja sama kepiting hehe

    1. inget dong, kan bikin bibir daku sampe dower gitu rika..

  11. Aku juga baca soal tag mentag di lapak sebelah, dan aku termasuk yg nggak merasa harus bikin pengumuman atau bahkan bilang ke sang empunya foto minta nggk ditag. Toh bisa diset buat untag. Kalo bisa disederhanakan kenapa dibikin rumit. Biasanya jadi rumit itu saat kita beda pendapat terus perbedaan itu jadi debat, rame deh 🙂

    1. mending dibawa asik aja ya m.win, ngeblog sih ga udah dibikin ribet sendiri..

  12. banyak banget yang dibahas Mbak Tiiiin 🙂

    urusan tag-mentag kadang nyebelin sih, apalagi yg jualan. kalo udah sebel aku report as spam malah. *sadis*

    btw diary-nya disimpan dimana? malu nggak kalo sampe kebaca orang lain? 🙂

    1. banyak sebener yang mo dibahas.. cuma yang inget ini aja.. aha sadis juga why, tinggal lapor spam..
      dulu di empi ada loh lomba diari, lucu dan seru.. masih kog disimpen, tapi yang diari waktu esde ada di rumah mama.. ga pernah malu diariku dibaca orang sih.. cuma kebanyak nulisnya pake bahasa rahasia kalu lagi bete sama orang rumah, sampe daku sendiri lupa nulis apa, kode rahasianyapun lupa.. 😀
      belakangan diariku isinya art journal.. ada tempelan buah lucu, ku jadikan kembang.. ada stiker unik tinggal tempel.. ada foto yang ku scrapbook mini.. macammacam dah..

      1. hehehe… sama mbak aku suka pke kode rahasia di diaryku. abis orang rumah suka buka2 sih. yaweskah skrg malah diary msh di rumah bpk ibu. ben diwoco2. 😀

      2. diariku sih dibaca sapa aja di rumah.. dan deket telpon ada loh diari yang isinya kegiatan orang rumah, yang mo pergi kemana, kalu hubungin siapa, yang lagi bete sama orang rumah, instropeksi gitu, mama sih sering ngomelngomel kalu ada yang ribut ato ga rapi urus rumah, babe palingpaling ngajak ngaji, macammacam deh isi diari..
        cuma diari lama yang pake bahasa rahasia gitu udah ga tahu isinya apa, bingung artiinnya.. lupa kodenya..

  13. hoaaaaaaaaaa.. aku sering ngetag dagangan.. yang kata temen olshop salah satu cara biar bisa dikenal olshopnya, tag random. padahal aku ga enakan ngetag, kesannya nyuruh beli. padahal sebenernya biar temen2 yang ditag liat nama olshop. hoaa, pernah bilang sama suami, aku ga enak nih mas ngetag2 orang. apa bikin web aja ya.

    akhirnya keputusan untuk membuat web pun disepakati. hehehe. tapi nanti akhir mei. dan dagang pun stop dulu. 😀

    nah itu bikin scrapbook apa mba tin? mau liat ya. belum pernah bikin euy.. rencana pengen bikin untuk Ais.. 😀

    1. di mention aja, kalu tag kan fotonya nongol di wall mereka, kalu di mention ga nongol deh tapi udah dicolekcolek.. jadi mention di komen gitu..
      akhirnya bikin web nih? semoga lancar ya dagangannya..
      ntar mo posting deh scrapbooknya, kebanyak sih daku bikin recycle.. dari apa aja..

      1. iya juga ya mba.. dimention mah ga nongol ya.. kenapa ga kepikiran.. 😀

        iya mba rencananya.. lagi nyiapin dagangannya dulu. hehe..

      2. seeeppp, ditunggu deh dagangannya..

  14. setujuuh semuwa sama yg di tulis ;d

    1. titin punya pengalaman juga kan soal tag mentag pun pasang foto?

      1. iyaah,

        paling gakmau ikutan lomba yg ada tag2anya. mending gak jadi ;d

        meski kalo di tag poto ato itu tag2an lomba ya diem2 aje.. hehe,

      2. nah biar ga ganggu ya mention aja, paling nongol di notif toh.. ga nongol di wall.. jadi ga gangguin kalu ngetag..

  15. weh weh panjang dan lebar. ngebahas banyak hal dan hil. tapi saya suka semua bahasan-nya.

    e mbak, bikin lomba perdana aja disini…. insyallah ikutan. klo giveaway masih pada ga kenal atau baru kenal. jadi blm mood.

    1. lomba apa ya? masak? ga semua suka masak.. tema-nya blom ketemu nih.. ntar aja tunggu setahun ngewipi.. tabung hadiah dulu..

  16. mbak, mau lihat contoh scrapbook-nya dong ^^

    1. kan ada di empi sering pasang.. dan beberapa di rumah biru tuh, cari yang my handcraft ya..

  17. jampang · · Reply

    baca juga soal yang ngetag di FB 😀

    kalau soal lomba di MP…. mbak tin paling cepet setornya

    1. ini lagi banyak lomba, tapi semangat lagi terjun bebas.. padahal udah nulis loh, ngeposting aja yang ogah.. pelanpelan dulu..

      1. jampang · ·

        lomba di mana mbak…. pengen ikutan 😀

  18. pingkanrizkiarto · · Reply

    long wik-en, nanem cabe ? hhmmmm ide baguus…. 🙂

    1. daun mint juga ku tanam, lupa bilang.. 😀

  19. long wiken kemaren aku nanem pohon sirsak, pohon sawo, ama pohon jeruk.. hehe
    iyaa klo di wp gak ada privasinya, jd semua orang di seluruh dunia bisa baca.. nah itu aku malah baru aja posting tentang yg menurutku lumayan pribadi, tapi klo menurutku mungkin bisa bermanfaat utk orang lain, why not?! gitu kan mbak? setuju? 😀

    1. wah suka berkebun ternyata.. ada pohon jeruk dimakan ulet.. 😦
      ini lagi nunggu pohon alpukat berbuah.. cabe udah sering petik nih, kembang lagi..
      lain dong kalu dibaca temen dan dibaca dunia.. ini lagi ngerem soal privasi sih..

  20. kalau tag mentag foto yang saya merasa tidak perlu tahu, akan saya remove tag-nya segera. biar tidak ‘ngotori’ wall FB saya, hehehe…
    kalau untuk notes, kalau orangnya doyan postingan panjang yang belum tentu topiknya saya suka, ya saya tetap biarkan. kalau itu ternyata berguna buat friends saya yang lain, kendati saya tidak baca, kan malah bagus.

    1. suka inspeksi wall nih fatah.. daku jarang inspeksi deh.. kalu nemu yang anehaneh baru untag aja..
      lah ga pernah baca notes temen gitu tah? jadi buka blog cuma posting dowang?

      1. bukannya gak pernah, mbak. kalo tentang buku dan jalan-jalan, sering baca. terutama notes FB atau postingan di blog.

  21. saya orang yang mood-moodan, kadang terserah mau ditag apalagi ada manfaat dan tujuannya, tapi lebih seringnya enggan. Gak tahu kenapa, apalagi untuk hal-hal jualan, ndak ada manfaatnya. >,<

    Kangen ikutan lomba di MP…..

    1. lomba apa yang pengen diikutin? foto?

      1. foto atau menulis. padahal dua-duanya gak ahli juga. haha

  22. Hihihi aku juga ga suka di tag2.. apalagi kalau buat jualan. Sigh. BIasanya sih langsung aku remove aja. Manalah kadang ngetagnya kayak nge-spam gitu, langsung beberapa foto jualan berkali2.. grrr.. udah bagus ga diremove beneran dari list.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: