the power of apadeh..

 

pernah baca dimana lupa, ada ibuibu yang kepepet butuh banyak uang untuk 3 anaknya yang masuk sekolah, sementara suami di pehaka, jadi sang ibu membuat “sampah” menjadi indah dan layak jual karena dibutuhkan.. ibu ini punya “the power of kepepet”..

blom lama saya baca “the power of ketidaktahuan”-nya ougri apa ovryie apa sapa sih maren? [malas nyari, ntar lupa lagi apa yang mo ditulis] dan hal itu membuat saya teringat saat saya presentasi pada orang pemda, yang saya pikir cuma “krocokroco”nya.. dan ini pernah saya bahas di empi, bahwa saya sebal banget sama orang pemda itu, saat saya presentasi malah sibuk dengan hape masingmasing.. jadi saya terdiam dong melihat bapakbapak itu sibuk dulu dengan hapenya.. begitu ada yang negor, “presentasinya sudah selesai ya bu?”.. saya jawab “silahkan bapakbapak selesaikan dulu urusan dengan hape, nanti saya lanjutkan presentasinya”.. jadi deh semua bapakbapak taroh hape, dan mendengar saya presentasi.. emang harus tegas kan? apa karena saya perempuan jadi dianggap saya tidak mampu? ato presentasi saya yang membosankan? dan begitu selesai presentasi, ajudan saya bilang, “wow bu, bapak gubernur sampe kagum tuh”.. eh bapak gubernur? kirain stafstafnya dowang.. mungkin kalu saya tahu, tidak bakal saya tegor kali ya..

apalagi ini, saya punya “the power of minderwati”.. dulu jaman saya sekolah, saya memakai alat pendengar, yang membuat orang lain “melihat” saya dengan cara yang aneh.. ditambah lagi saya gagap saat mau ngomong, dan itu membuat saya menjadi pendiam juga bodoh pun ga punya kawan.. kombinasi yang mantap jaya untuk membuat orang minder kan? sampai mama saya bilang, kalu saya tidak mau berubah di sekolah, ga usah sekolah saja, bantuin mama di dapur.. butuh waktu membuat saya mikir dan sadar, siapa lagi yang bisa merubah diri kalu bukan diri sendiri.. sejak itu saya jadi lebih terbuka.. saya belajar jangan jadi minder lagi.. ga asik berkawan dengan minderan yang menutup diri, yang hidup di dunianya sendiri..

dan sekarang baru saya sadari ternyata ya “the power of ngempi” membuat saya jadi tahu seperti apa temanteman saya di tempat bermain yang mau dirubuh itu.. ada yang menghujat sana sini, menghinadina, menjelekbaikan, ato apadeh atas keputusan petinggi empi.. ada juga yang cuma “ya begitulah”, udah gratis kog ngedumel.. ada pun yang diam saja, pasrah.. malah aja yang cuek saja ga peduli, toh masih banyak tempat bermain baik yang lain dan lebih sopan.. [dan tebak saya yang mana?] hal gini yang membuat saya sedih, udah digusur masih pake pecah belah begini.. ga bisa gitu kita semua gandengan tangan? berpisah dengan indah..

saya harap, dengan “the power of memaafkan”.. saya mohon maaf atas segala kata dan perbuatan saya di tempat bermain bernama empi, bisa membuat saya dan manteman tetap berteman dimanapun tempat bermain kita berada.. dimanapun.. amin..

salam, t..

<3..

 

8 comments

  1. sedih liat mp sekarang 😦

  2. Saya juga mohon maaf atas segala kesalahan.

  3. Pecah belah gmn mbk tin? Jarang tengok mp jd ketinggalan berita. moga itu cuma beda pendapat aja mbk, tp msh tetap berteman..

  4. Yg kita perlukan adalah ‘the power of persahabatan’
    Kita masih bisa berteman di mana saja biarpun mp kukud

  5. Itu mah audiens presentasinya kayaknya yang emang rese’ mbak… hehe….. Euh, “the power of not knowing..”.. oleh Ogie mbak… hihihi…

  6. mbak tintin….the power of memaafkan itu emang luar biasa yaah! maafin aku juga yah mbak kalo ada salah selama kita ngempi..

    aku lagi mulai mau nulis lagi niih..

  7. salut dengan menegur pegawai Penda a la mbak Tin. Mohon ijin saya tiru kalau suatu saat saya menjumpai situasi yang sama….

  8. bener mbaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak
    enggak anak kecil enggak orang dewasa kalo udah kepepet biasanya jadi pinter

    wakakaka dulu karena dipaksa ngomong bhs inggris jadi lumayan ngerti juga aku coba enggak kepepet beuuuuuuuuuuuuuuuuh

Leave a Reply

