dolcendol..

 

Image

salahkan bebenyabubu ya kenapa daku bikin cendol, padahal tinggal beli lebih murah dan tentu saja ga keluarin tenaga, langsung hap gitu ga pake ribet.. ehtapi ya bikinnya gampang kog dan sungguh ga pake ribet.. palingan yang ribet simbak yang kebagian nyuci peralatan dapur.. *grin..

ini daku suka main tepung.. ga 100% tepung beras sih, daku campur ma tepung jagung.. sesendok dowang.. takaran entah.. kayanya tepung beras 5 sendok, tepung jagung sesendok.. terus kasih daun suji yang sudah diblender dan peres airnya [lihat tampilannya kurang ijo ya? kurang daun suji nih].. kasih air juga berapa gelas ya? 4 kali? masak dengan api sedang.. bikin cendolnya pake kukusan kecil, lalu “diulek” dengan pantat gelas biar cepat.. ehiya seblom bikin cendolnya dibawah kukusannya dikasih air es ya, biar ga lengket gitu cendolnya..

ImageImage

*satu sodara komen gini: ini kolak nangka pake cendol kan? bukan es cendol? [sebab nangkanya separoh gelas aja gitu]..

**ya-apa-deh-makan-aja-napa..

 

Advertisements

18 comments

  1. mauuuuuuuuuuuuuu

    1. bikin deh larass, ga ada 10 menit deh bikinnya..

  2. enak mba tinn..:)

    1. enak kalu banyak nangka nih.. lebih banyak kolak nangkanya dibanding cendol.. 😀

  3. pengin……….dibikinin!

    1. beli dong.. yisha tinggal dimana sih?

      1. bikin deh laras, ga ada 10 menit bikinnya..

  4. Kirim mbaaaak…. dingin2 juga enak kalau minum eh apa makan cendol yah? 😀
    apalagi kalau dibikinin dan tinggal aaammm…srupuuut….

    1. jaoh aja kirim ke nurnberg.. sampe saja udah habis kali sama custodynya..

    2. jaoh aja kirim ke nurnberg.. sampe saja udah habis kali sama custodynya..

  5. ahahahaha.. sodaranya “protes” aja nih.. kan sama2 enak ya mba.. 😀
    Kalau pakai tepung beras sama tepung jagung gitu kayaknya kok lebih kental ya mba adonannya?

    1. bosen juga pake tepung beras 100%, pengen coba rasa lain.. cuma kalu mo lebih ga kental banyakin airnya.. tepung sih ga ngaruh kali ya.. cuma teskturnya lebih padat kalu pake tepung beras.. ini lebih ringan dicampur tepung jagung.. tepung hunkue paling ringan deh..
      pernah pake tepung sagu, rasanya lebih halus tapi kenyal..

      itu sodara malah nambah 3 gelas boh.. senang deh habis juga.. lagi musim nangka di pohon..

  6. Kalo saya yang bikin murni pakai maizena doang lho. Lebih enak, lebih kenyal.

    1. kenyal kaya hunkue kan mbak?

  7. inuman khas banjarnegara…
    dawet ayu mba…

    1. maksude minuman….

    2. iya dawet mah dari tepung beras kan? haduh jadi pengen bikin lagi..

  8. sekali-sekali nya bikin cendol, waktu 7-bulanan hamil Raihan, pengen coba lagi ah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: